Ini Kegunaan dari Alat Pemadam Api CO2

Alat pemadam api ringan sekarang sangat mudah ditemukan di mana-mana, mulai dari tempat umum sampai ke rumah-rumah pribadi. Namun, informasi tentang alat pemadam api masih relatif sedikit. Maka dari itu di bawah ini akan disajikan informasi mengenai alat pemadam api CO2 yang cukup sering dipakai oleh masyarakat.

Pemadam api CO2 ini mempunyai media berupa CO2 yang disusun oleh 1 atom karbon dan 2 atom oksigen yang membuatnya menjadi gas dengan sifat tidak bisa dibakar. Berat masa CO2 yang lebih berat dari berat masa udara, juga dianggap bisa menutup masuknya udara menuju titik api dan memadamkannya.

CO2 bekerja dengan cara menutup sekaligus menarik elemen oksigen dari titik api. Maka, proses pengapian dalam segitiga api akan terhenti dan api bisa padam.

 

Kelas Kebakaran yang Bisa Dipadamkan Alat Pemadam Api CO2

Kelas kebakaran B dan C adalah kelas kebakaran yang bisa dipadamkan menggunakan alat pemadam api CO2. Kelas kebakaran B adalah kelas kebakaran yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar seperti alkohol, bensin dan minyak tanah. Sedang kelas kebakaran C disebabkan oleh masalah elektrikal.

Alat Pemadam Api CO2 Beserta Kelas Kebakaran B&C

Alat pemadam api CO2 ini mempunyai sifat clean agent yang berarti tidak meninggalkan residu setelah dipakai. Hal ini membuat alat pemadam api CO2 cocok untuk digunakan di ruangan yang penuh dengan alat elektronik. APAR ini juga bisa digunakan di ruangan seperti laboratorium yang menyimpan banyak barang yang sensitif.

 

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api CO2

Hal pertama yang harus dipastikan saat akan mengunakan APAR CO2 adalah sirkulasi udara yang ada pada ruangan kebakaran. Pastikan sirkulasi pada ruangan tersebut baik, karena jika sirkulasi udara tidak ada maka dikhawatirkan CO2 dari APAR akan membahayakan penggunanya.

Pengguna alat pemadam api dengan media CO2 ini juga harus menggunakan masker (breathing apparatus) saat menggunakannya. Hal ini untuk menghindari CO2 terhirup dan menggangu sistem pernafasan. Khusus untuk pengguna yang mempunyai sakit asma disarankan tidak menggunakan alat pemadam api dengan media CO2 ini.

Alat Pemadam Api CO2 Bagaimana Cara Menggunakannya

Saat akan melakukan penyemprotan, Anda juga perlu memperhatikan area sekitar titik api. Karena media CO2 yang keluar dengan suhu -50 derajat Celcius ini jika terkena tubuh manusia berpotensi menyebabkan syaraf- syaraf membeku.

Dengan mengetahui informasi tentang APAR CO2 semoga kedepannya Anda bisa menggunakan APAR ini dengan tepat. Sangat disarankan juga setelah meggunakan APAR untuk melakukan perawatan pada APAR dan melakukan pembaruan informasi mengenai kartu APAR. Jika Anda masih merasa kesulitan dalam merawat APAR, Anda bisa menggunakan aplikasi FIRECEK untuk membantu Anda.

Leave a Comment

0