Ketahui Manfaat Alat Pemadam Api Jenis ABC

Jaman sekarang ketersediaan alat pemadam api sebagai alat keselamatan sudah tidak bisa ditawar lagi. Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa saja jenis-jenis alat pemadam api yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri Anda dan lingkungan sekitar. Seperti halnya alat pemadam api jenis ABC yang punya banyak manfaat.

Berkat manfaatnya yang banyak, alat pemadam api jenis ABC ini hampir dapat Anda temukan di ruangan-ruangan manapun, baik di ruang publik atau rumah pribadi. Kebetulan, pada artikel ini akan dibahas manfaat tentang alat pemadam api jenis ini, juga bagaimana cara menggunakan dan merawatnya.

 

Manfaat Menggunakan Alat Pemadam Api Jenis ABC

Alat Pemadam Api Jenis ABC dan Kelas Kebakarannya

Kelas kebakaran yang bisa dipadamkan menggunakan alat pemadam api jenis ABC adalah kelas kebakaran A, B dan C. Kelas kebakaran A disebabkan oleh benda padat mudah terbakar. Sedangkan kelas kebakaran B disebabkan oleh benda cair mudah terbakar dan jenis kebakaran C disebabkan permasalahan elektrikal. Alat pemadam api ini pun bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor.

 

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Jenis ABC

Dalam menggunakan alat pemadam api jenis ABC ini sebenarnya tidak berbeda dengan alat pemadam jenis lain. Seperti halnya menggunakan APAR biasa, Anda bisa menggunakan metode PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep):

  1. Pull, dimaksudkan untuk menarik safety pin yang ada pada tabung.
  2. Aim, berarti mengarahkan ujung selang atau nozzle ke titik api.
  3. Squeeze, dilakukan dengan menekan tuas pada tabung untuk mengeluarkan media pemadam api.
  4. Sweep, dilakukan dengan cara menyemprotkan media ke titik api dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Alat Pemadam Api Jenis ABC dan Metode Menggunakannya

Namun, tambahan penting yang perlu dilakukan ketika menggunakan alat pemadam api jenis ABC ini adalah arah angin. Karena Media APAR ini yang terbuat dari powder, maka disarankan untuk mengecek arah angin saat akan menggunakannya. Jika arah angin tidak diantisipasi terlebih dahulu, dikhawatirkan APAR ini tidak akan bisa memadamkan api secara maksimal.

 

Perawatan Alat Pemadam Api Jenis ABC

Lantaran media APAR jenis menggunakan powder, maka dari itu Anda perlu melakukan perawatan khusus. Usahakan untuk tidak menaruh APAR ini di atas lantai, karena kelembapan lantai dapat membuat powder dalam tabung menjadi beku. Jika media membeku, maka akan membuat alat pemadam api macet saat digunakan.

Setelah APAR jenis ABC digunakan, dihimbau untuk segera membersihkan selang dan nozzle, karena dikhawatirkan media akan menggumpal dan terjadi penyumbatan. Ketika APAR sudah dipakai juga, ada baiknya untuk segera melakukan isi ulang. Setelah melakukan isi ulang, Anda diwajibkan untuk meng-update info pada kartu APAR dengan dibantu aplikasi FIRECEK.

Leave a Comment

0