Alat Pemadam Api Otomatis Cara Kerja dan Area Proteksi

Alat pemadam api otomatis adalah salah satu jenis alat pemadam api yang digunakan untuk memproteksi suatu ruangan dari bahaya kebakaran. Alat pemadam api ini juga disebut juga thermatic yang bekerja secara otomatis dalam memadamkan kebakaran. Tidak seperti APAR atau hydrant yang harus dioperasikan oleh orang.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Otomatis

Mengapa alat pemadam jenis ini dapat bekerja secara otomatis? Simak cara kerjanya di bawah ini:

  • Pada ujung alat pemadam api ini terdapat detector yang terbuat dari kaca dan berisi air raksa yang sangat sensitif dengan kenaikan suhu. Saat suhu naik, cairan yang ada di dalam kaca tersebut akan mengembang dan mengakibatkan kaca detector tersebut pecah. Biasanya pada suhu 57° C, 68° C, atau 93° C.
  • Setelah kaca yang menahan pada bagian sprinkler alat pemadam thermatic ini pecah, maka media pemadam yang ada di dalam tabung akan secara otomatis keluar.
  • Media pemadam yang keluar dari dalam tabung alat pemadam thermatic akan memadamkan kebakaran mulai dari bagian bawah terlebih dahulu. Setelah itu, media pemadam baru akan naik dan memadamkan api yang masih ada di area atas.

Alat Pemadam Api Otomatis Cara Kerja

Jangkauan Proteksi dari Alat Pemadam Otomatis

Dikarenakan alat pemadam otomatis ini bersifat fix atau tidak dapat berpindah-pindah, maka yang harus Anda ketahui sebagai penggunanya adalah mengetahui jangkauannya. Karena luas area jangkauan thermatic harus diperhitungkan dengan luas area yang akan diproteksi.

Alat pemadam otomatis thermatic akan bekerja pada range 7 meter sampai 8 meter persegi. Maka dari itu, Anda harus memperhitungkan luas yang harus Anda proteksi dari kebakaran menggunakan alat pemadam otomatis ini. Semakin luas area yang harus diproteksi, maka semakin banyak unit alat pemadam otomatis thermatic harus Anda persiapkan.

Nah, itulah cara kerja dan luas area yang dapat Anda proteksi menggunakan alat pemadam otomatis jenis thermatic ini. Selalu perhatikan dan kenali jenis alat pemadam sebelum menggunakannya. Dan yang tidak kalah penting, selalu lakukan perawatan dan maintenance pada sistem proteksi kebakaran milik Anda yang dapat dibantu menggunakan aplikasi Firecek.

Alat Pemadam Api Otomatis Inspeksi Aplikasi Firecek

Leave a Comment

0