Kenali Lebih Lanjut Alat Pemadam Api untuk Dapur yang Efektif

APAR (Alat pemadam api ringan) merupakan alat proteksi kebakaran yang wajib dimiliki. Namun, kamu tidak boleh sembarangan melakukan pengadaan APAR, ya! Baik dari jenis APAR hingga kapasitasnya.

Seperti halnya alat pemadam api untuk dapur, tentu berbeda dengan alat pemadam api yang tersedia untuk gudang atau laboratorium. Sebab, setiap alat pemadam memiliki fungsi yang berbeda-beda dan hanya bisa digunakan untuk menangani kelas kebakaran teretentu.

alat pemadam api untuk dapur paling efektif

Nah, kali ini kita akan bahas tentang seluk beluk alat pemadam api untuk dapur. Apa saja penyebabnya dan jenis alat pemadam api apa yang cocok untuk digunakan di dapur. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Bahan Mudah Terbakar di Dapur yang Berpotensi Menyebabkan Kebakaran

Dapur memiliki potensi cukup tinggi mengalami kebakaran, karena didalamnya terdapat bahan dan material mudah terbakar. Oleh karena itu, harus ada alat pemadam api untuk dapur yang bisa memproteksi secara efektif dari kebakaran.

Berdasarkan kelas kebakaran yang berlaku, resiko kebakaran di dapur ini masuk dalam kategori kelas kebakaran K (kitchen). Dimana kelas kebakaran K ini merujuk pada kebakaran yang terjadi di dapur komersial atau restoran yang melibatkan bahan bakar berbasis minyak, seperti minyak goreng dan lemak hewan.

alat pemadam api untuk dapur restoran

Beberapa bahan cair yang bisa menyebabkan kebakaran di dapur restoran adalah sebagai berikut:

  • Minyak nabati atau minyak sayur
  • Minyak safflower
  • Minyak jagung
  • Minyak kanola
  • Minyak zaitun
  • Lemak bacon
  • Mentega
  • Margarine

Bahan-bahan cair di atas memiliki karakter yang mampu menghantarkan dengan cepat dari sumber panas di dalam dapur seperti kompor.

alat pemadam api untuk dapur apa saja

Jika bahan tersebut dibawa ke suhu yang tinggi, maka suhunya akan cepat naik dan beresiko untuk meledak ataupun menghasilkan percikan api. Ledakan dan percikan api tersebutlah yang akan menyebabkan kebakaran di dapur. Lalu, apa jenis alat pemadam api untuk dapur yang tepat dan efektif?

Alat Pemadam Api Liquid Gas Pilihan Tepat untuk Proteksi Dapur

alat pemadam api untuk dapur rumah berkualitas

Kalau melihat sekilas tentang kelas kebakan B, mungkin kamu akan melihat kemiripan dengan kelas kebakaran K, karena penyebab kebakaran sama-sama dipicu oleh bahan cair mudah terbakar.

Meskipun pada kelas kebakaran kitchen/dapur memiliki penyebab yang mirip dengan kelas kebakaran B, tapi penanganannya berbeda, lho!

Karena setelah dilakukan pengamatan di lapangan, ternyata media pemadam api yang sering digunakan untuk kebakaran kelas B tidak bisa memadamkan api secara maksimal di kebakaran kelas K.

Maka dari itu, pada alat pemadam kebakaran dapur ini dibuat dengan media berbentuk gas cairan kimia khusus atau yang disebut dengan Liquid Gas. Jenis APAR ini efektif untuk padamkan api di dapur komersial/restoran.

Alat pemadam api untuk dapur ini bekerja dengan cara menyerap suhu panas dan memutus elemen penyebab munculnya api (segitiga api), sehingga api bisa cepat padam.

Apakah ada alasan lain, kenapa APAR Liquid Gas ini efektif untuk proteksi dapur?

APAR untuk dapur ini efektif digunakan karena tidak meninggalkan residu dan bersifat clean agent.

Kamu juga harus tahu bahwa media liquid gas ini aman untuk manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sehingga, ketika ada bahan makanan yang tersemprot media APAR ini masih bisa diolah dan dikonsumsi.

Baca Juga:

Nah, dengan mengetahui alat pemadam api untuk dapur yang tepat, kamu dapat meminimalisir resiko kebakaran di dapur rumah maupun restoranmu. Jika kamu sudah memiliki APAR tersebut, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan APAR dan juga meletakannya sesuai standar penempatan APAR. Kamu bisa pakai aplikasi FIRECEK untuk membantu menjadwalkan perawatan APAR milikmu.

Showing 6 comments
  • Fahmi
    Balas

    Helo, apakah jenis apar yang cocok untuk di Kitchen Hotel atau Restoran ? Co2 atau Clean Agent ? tks

    • FIRECEK Apps
      Balas

      Hai Kak Fahmi,
      Jenis APAR yang cocok untuk kitchen hotel/restoran bisa pakai APAR media clean agent liquid gas. CO2 juga bagus tetapi bahaya untuk orang sekitar Kak.

      • Fahmi
        Balas

        Apakah tersedia clean agent disini ? Tks

        • FIRECEK Apps
          Balas

          Hai Kak Fahmi,
          Mohon maaf Kak, kami tidak menjual alat pemadam api. Tapi kami memiliki rekomendasi distributor alat pemadam api terpercaya, Kakak bisa beli di Bromindo Shop atau di Patigeni Shop.
          Terima kasih.

          Salam Hangat,
          Tim Firecek

  • Abu Meiza
    Balas

    Halo,
    APAR jenis apa yang cocok untuk dapur rumah? merek apa dan ukuran tabungnya?
    Please advise

    • FIRECEK Apps
      Balas

      Hai Kak Abu,
      Kami menyarankan kakak menggunakan alat pemadam api powder untuk proteksi di dapur rumah kamu. Untuk ukuran tabung, kakak bisa gunakan ukuran 3 kg yang ringan. Agar nantinya siapa saja penghuni rumah yang mendapati kebakaran dapat menggunakan APAR dengan mudah.
      Kami merekomendasikan alat pemadam api GuardALL & Firefix yang sudah terintegrasi otomatis dengan aplikasi Firecek. Kakak tinggal download aplikasi Firecek di Google Play Store dan bisa melakukan kontrol maupun pengecekan berkala Gratis tanpa batas di Firecek.
      Jika ada pertanyaan lagi atau ada yg bisa kami bantu, tak perlu sungkan untuk menghubungi kami ya kak.
      Salam,
      Tim Firecek

Leave a Comment

0