Kenali Lebih Lanjut Alat Pemadam Api untuk Dapur

Dalam menyediakan APAR, Anda tidak boleh sembarangan, sama halnya ketika merawat dan menggunakannya. Beda alat pemadam, beda juga kegunaan dan juga kelas kebakaran yang bisa ditangani. Seperti halnya alat pemadam api untuk dapur, tentu berbeda dengan alat pemadam api yang tersedia untuk gudang atau laboratorium.

Alat Pemadam Api untuk Dapur Situasi Dapur Terbakar

Nah, kali ini akan dibahas di artikel ini tentang seluk beluk alat pemadam api untuk dapur. Apa saja penyebabnya, juga alat pemadam apa yang cocok untuk digunakan di dapur dan ciri-cirinya seperti apa. Silakan simak pada bagian-bagian di bawah ini.

 

Bahan Penyebab Kebakaran yang Bisa Ditangani Alat Pemadam Api untuk Dapur

Di bawah ini akan diinformasikan bahan cair apa yang bisa menyebabkan kebakaran di dapur:

Alat Pemadam Api untuk Dapur dan Penyebab Kebakaran di Dapur

Bahan-bahan cair di atas mempunyai keunikan tersendiri, yang membuat kelas kebakaran K sedikit berbeda dengan kelas kebakaran B. Bahan-bahan cair tersebut lebih panas dibanding bahan cair mudah terbakar lainya. Bahan cair tersebut juga sangat cepat menghantarkan panas dari sumber panas di dalam dapur seperti kompor.

Jika bahan tersebut dibawa ke suhu yang tinggi, maka tak ayal suhunya akan cepat naik dan beresiko untuk meledak ataupun menghasilkan percikan api. Ledakan dan percikan api tersebutlah yang akan menyebabkan kebakaran di dapur.

 

Detail Tambahan yang Ada pada Alat Pemadam Api untuk Dapur

Setelah dilakukan pengamatan-pengamatan di lapangan, ternyata alat pemadam yang sering digunakan untuk kebakaran kelas B tidak bisa memadamkan secara maksimal kelas kebakaran K. Maka dari itu, ada alat pemadam kebakaran untuk dapur dengan tambahan komponen dan media cair kimia khusus.

Alat pemadam untuk dapur dilengkapi dengan katup penutup. Katup ini berfungsi utuk menutup kontak antara api dan oskigen, supaya sumber api cepat padam. Namun, katup ini hanya bisa digunakan ketika api belum terlalu besar atau masih seukuran penggorengan.

Alat Pemadam Api untuk Dapur Proses Saponikasi

APAR untuk dapur juga dilengkapi dengan media kimia cair yang dapat menggangu kontak antara api dan bahan penyebab kebakaran. Media ini akan merubah bahan penyebab kebakaran menjadi seperti sabun, proses ini disebut saponifikasi. Setelah itu elemen penyebab api (segitiga api), termasuk suhu panas akan diserap juga oleh media ini.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan APAR clean agent. APAR dengan media ini juga dikenal efektif untuk memadamkan api kebakaran di dapur.

Alat Pemadam Api untuk Dapur HFC

Dengan mengetahui APAR apa yang tepat untuk ditaruh di dapur, Anda dapat meminimalisir resiko kebakaran di rumah Anda. Tentu saja Anda juga harus selalu melakukan perawatan pada APAR tersebut dan juga meletakannya di tempat yang tepat. Gunakan juga aplikasi FIRECEK untuk membantu Anda menjadwalkan perawatan APAR milik Anda.

Leave a Comment

0