Alat Pemadam Kebakaran Portable Fungsi dan Jenisnya

Alat pemadam kebakaran portable adalah nama lain dari alat pemadam api ringan atau APAR. Mengapa APAR bisa disebut alat pemadam portable? Mari kita kupas di bawah ini!

Alat Pemadam Kebakaran Portable Ini Maksudnya

Kenapa alat pemadam api ringan atau APAR bisa juga disebut alat pemadam portable? Pasti ini yang selalu menjadi pertanyaan para pengguna alat pemadam api. Adakah perbedaanya atau ada maksud lain? Ternyata ini maksudnya.

Alat Pemadam Kebakaran Portable

Alat pemadam api ringan disebut juga alat pemadam portable ternyata karena fungsinya. Pemadam portable berfungsi agar dapat dioperasikan oleh siapapun untuk memadamkan api pada menit-menit awal kebakaran (3 menit awal). Selain itu, alat pemadam api ini juga gampang untuk dioperasikan perseorangan.

Jenis-jenis Alat Pemadam Portable Menurut Medianya

Alat pemadam portable dapat dibedakan dari jenis media pemadam yang ada di dalam tabungnya. Jenis media pemadam api pada umumnya dibedakan menjadi tiga jenis.

Untuk media alat pemadam portable dipasaran biasanya tersedia dalam tiga jenis, yaitu powder, foam dan CO2. Nah, masing-masing media tersebut memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing.

Alat Pemadam Kebakaran Portable dan Medianya

  • Media powder: media ini berbentuk serbuk kering yang bekerja dengan menutup/mengisolasi dan menyebarkan bahan bakar pada titik api. Media ini biasa digunakan di kelas kebakaran A, B dan C.
  • Media foam: ini adalah media campuran antara air dan biang soda. Media ini bekerja dengan mengisolasi dan mendinginkan titik api. Media foam bisa digunakan di kelas kebakaran A dan B, tapi tidak bisa digunakan di kelas kebakaran C (elektrikal) karena media ini bersifat konduktor yang dikhawatirkan akan memperparah korsleting.
  • Media CO2: adalah media berbentuk gas yang termasuk APAR clean agent. APAR ini adalah “primadona” untuk memadamkan kebakaran elektrikal atau kelas kebakaran C.

Nah itulah, sekilas informasi mengenai alat pemadam kebakaran portable. Jika kamu memiliki alat pemadam api jangan lupa untuk tetap merawatnya.

Namun, jika kamu mendapat kesulitan dalam merawat alat pemadam api, tidak perlu khawatir, kamu bisa dibantu oleh Firecek. Aplikasi Firecek adalah aplikasi pengecekan alat pemadam api yang bisa kamu gunakan untuk me-manage alat pemadam apimu.

Ayo segera download aplikasi pengecekan APAR pertama di Indonesia di sini, gratis!

Alat Pemadam Kebakaran Portable Cek Pakai Aplikasi Firecek

Leave a Comment

0