Alat Pemadam Kebakaran Ringan: Media & Kelas Kebakaran

Alat pemadam kebakaran terutama APAR sangat erat kaitannya dengan media pemadam api di dalamnya juga kelas kebakaran yang dapat dipadamkannya. Oleh sebab itu, kali ini kami akan mencoba memberikan informasi menarik bagi kalian para pengguna alat pemadam api terutama alat pemadam api ringan (APAR).

Jenis Media Alat Pemadam Kebakaran Ringan

Ada banyak sekali media alat pemadam api ringan, namun hanya tiga media pemadam api saja yang populer digunakan oleh masyarakat. Nah, kali ini akan kami bagikan informasi tentang ketiga media alat pemadam api tersebut:

Alat Pemadam Kebakaran Ringan Jenis Media Pemadam Api

  • Media pemadam api powder: atau biasa juga disebut dry chemical powder ini adalah media pemadam api berbentuk serbuk kimia. Media ini bekerja dengan cara mengisolasi titik api sehingga oksigen tidak dapat bereaksi langsung dengan sumber api dan juga menghamburkan bahan bakar. Sehingga, api dapat padam dengan sempurna.
  • Media pemadam api foam: adalah media yang berasal dari campuran air dan surfaktan busa atau buih. Media ini bekerja secara efektif dalam mengisolasi titik kebakaran dan juga mendinginkan titik api.
  • Media pemadam api CO2: ini bebentuk gas, bekerja dengan cara menghilangkan oksigen di sekitar titik api. Supaya reaksi segitiga api terputus dan api dapat padam.

Kelas Kebakaran yang Dapat Ditangani Pemadam Api Ringan

Di dunia fire fighting setidaknya kita mengenal ada empat klasifikasi atau kelas kebakaran. Kelas kebakaran dibedakan berdasar dari benda yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Nah, masing-masing kelas kebakaran hanya bisa dipadamkan dengan media pemadam api tertentu yang akan kami jabarkan di bawah ini:

  • Kelas kebakaran A: disebabkan benda padat mudah terbakar, dapat dipadamkan menggunakan APAR powder dan foam.
  • Kelas kebakaran B: disebabkan benda cair mudah terbakar, dapat dipadamkan menggunakan APAR foam, powder dan CO2.
  • Kelas kebakaran C: disebabkan oleh masalah elektrikal, dapat dipadamkan menggunakan APAR CO2 dan powder.
  • Kelas kebakaran D: disebabkan dari logam, dapat dipamdamkan menggunakan APAR powder.

Alat Pemadam Kebakaran Ringan Kelas Kebakaran atau Klasifikasi Kebakaran

Nah, itulah hal menarik seputar alat pemadam api yang dapat kami bagikan buat kalian. Tidak hanya harus mengenal tentang alat pemadam api, namun Anda juga harus tetap merawat APAR milik Anda secara rutin.

Untungnya sekarang Anda dapat menggunakan aplikasi pengecekan APAR Firecek yang akan memudahkan sekaligus membantu Anda dalam me-monitor dan me-manage APAR. Ayo bagi Anda yang belum mengunduh aplikasi Firecek, segera unduh di sini, gratis!

Alat Pemadam Kebakaran Ringan dan Aplikasi Pengecekan APAR Pertama di Indonesia Firecek

Leave a Comment

0