Alat Pemadam Tradisional yang Sering Digunakan

Dalam upaya pemadaman api ternyata tidak hanya alat pemadam api modern seperti APAR yang bisa digunakan. Namun alat pemadam tradisional seperti air, pasir dan karung goni ternyata bisa diandalkan. Nah, bagaimana cara menggunakannya? Dan kebakaran apa saja yang bisa ditangani? Mari simak artikel ini!

Alat pemadam api tradisional memang belum sepenuhnya ditinggalkan, masih banyak masyarakat yang menggunakannya. Alat pemadam api tradisional ini masih jadi pilihan di masyarakat, karena dianggap mudah ditemukan.

 

Alat Pemadam Tradisional yang Masih Digunakan

Alat Pemadam Tradisional yang Masih Digunakan

Alat pemadam api tradisional ini terdiri dari dua jenis, yang berasal dari alam dan barang yang bisa dimanfaatkan untuk memadamkan api. Alat pemadam api tradisional yang berasal dari sumber daya alam adalah air dan pasir. Sedang barang yang bisa dimanfaatkan untuk memadamkan api adalah karung goni yang sudah dibasahi terlebih dahulu.

 

Cara Memakai Alat Pemadam Tradisional

Dalam menggunakan air, Anda bisa menggunakan ember atau selang untuk membawa air sampai ke titik api. Siramkan air tersebut untuk memadamkan api. Perlu diperhatikan bahwa air hanya bisa memadamkan api yang berasal dari material padat dan kering.

Air tidak bisa digunakan untuk memadamkan api karena konsleting listrik, karena sifat air sebagai konduktor justru akan membahayakan. Air juga tidak digunakan untuk memadamkan kebakaran karena minyak. Sifat air yang tidak bisa menyatu dengan minyak dikhawatirkan akan membawa titik api dan membuat kebakaran semakin luas.

Alat Pemadam Tradisional Penggunaan Karung Goni

Alat pemadam tradisional berikutnya adalah pasir. Pasir bisa digunakan secara langsung dengan menaburkannya di atas titik api. Pasir dianggap bisa diaplikasikan ke semua kelas kebakaran, karena sifatnya yang kering dan non-konduktor.

Selanjutnya, alat pemadam api tradisional yang bukan berasal dari alam adalah karung goni atau fire blanket. Sebelum digunakan pastikan semua bagian karung goni sudah menyimpan air. Karung goni diaplikasikan dengan cara menutup titik api dari atas. Biasanya karung goni digunakan untuk memadamkan kebakaran karena kebocoran tabung gas atau minyak masak.

Setelah tahu apa saja alat pemadam api tradisional yang bisa digunakan, tentunya Anda bisa menggunakannya dengan bijak. Namun dihimbau untuk tetap menyediakan paling tidak satu tabung APAR disekitar Anda untuk memaksimalkan pemadaman api. Karena APAR adalah alat pemadam api yang sudah berstandar dan benar-benar terbukti bisa memadamkan api dengan cepat dan aman.

Leave a Comment

0