APAR Cartridge dan Fakta-fakta Menariknya

APAR cartridge, sudahkah kamu tahu tentang APAR jenis ini? Ternyata banyak fakta-fakta menarik seputar APAR dengan sistem tekanan cartridge yang perlu kamu ketahui. Penasaran apa saja fakta menariknya? Tapi sebelum membahas tentang itu, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu secara singkat tentang APAR cartridge.

APAR yang beroperasi dengan sistem cartridge ini memiliki cara penyimpanan tekanan yang berbeda dengan APAR stored pressure. APAR dengan sistem cartridge mempunyai tabung tersendiri yang digunakan untuk menyimpan gas bertekanan. Maka dari itu, gas bertekanan dan media pemadam api pada sistem cartridge tidak bercampur.

APAR Cartridge Begini Cara Kerjanya

Tekanan pada APAR ini akan keluar jika plunger yang berada di atas tuas APAR ditekan. Saat plunger ditekan, akan ada benda yang menyerupai pisau kecil di dalam APAR terdorong dan merobek membran pada tabung yang penyimpanan gas bertekanan. Saat membran tersebut robek, maka gas bertekanan akan keluar dan mendorong juga media pemadam api untuk keluar dari tabung utama. Nah, kurang lebih begitu penjelasan singkat tentang APAR ini.

 

Tabung APAR Cartridge Tidak Rentan Mengalami Kebocoran

selain cara penyimpanan tekana yang bebreda ternayat apar bercartridge ini memiliki fakata unik lainnya. dengan sistemt ekana yang terpisah denagn tabung utmaana penyiman media apar, justru memiliki keunutngan bagi aapr ini.

APAR Cartridge Tabungnya Tidak Rentan Mengalami Kebocoran

APAR yang dioperasikan dengan cartridge ini bisa dikatakan jarang sekali mengalami tabung bocor. Bahkan dipercaya juga tabungnya bisa bertahan 10 sampai 20 tahun. Hal ini bukan tanpa sebab, tekanan APAR yang berada di tabung terpisah membuat ‘beban’ tabung berkurang.

Dengan berkurangnya beban tekanan pada tabung, maka resiko kebocoran tabung pun juga berkurang. Oleh sebab itu, apar bercartridge tabungnya dapat bertahan lama.

 

APAR Cartridge Sangat Mudah untuk Diservis

Karena tekanan APAR disimpan di tabung yang terpisah dengan tabung media APAR, maka APAR bisa dibuka untuk diservis kapan pun. Jika APAR stored pressure perlu melakukan pengosongan tekanan terlebih dahulu, namun untuk APAR bercartridge ini bisa lagsung dibuka. Karena tekanannya tidak akan keluar dan berkurang saat valve dibuka.

APAR Cartridge Sangat Mudah untuk Diservis Menggunakan Firecek

Hal ini dapat memberikan keleluasaan bagi checker atau teknisi APAR. Selain itu, APAR bercartridge juga dimungkinkan untuk diservis di tempat atau on-site, karena tidak memerlukan banyak tahapan untuk membuka tabung dan melihat bagian dalam APAR.

Dengan mengetahui fakta-fakta menarik tentang APAR cartridge diharap kamu bisa mengetahui juga cara merawat APAR ini. Selain itu, fakta bahwa APAR ini mudah untuk diservis tentu akan membuat kamu lebih rajin lagi untuk merawatnya. Apa lagi jika semakin dimudahkan dengan menggunakan aplikasi pengecekan APAR FIRECEK. Yuk segera unduh aplikasi FIRECEK dan rasakan pengalaman baru dalam melakukan pengecekan APAR di era digital ini!

Leave a Comment

0