APAR Clean Agent, ‘Si Penjinak Api’ Tanpa Residu

APAR clean agent adalah jenis APAR yang tidak meninggalkan residu saat digunakan untuk memadamkan api. Ada beberapa media pemadam api yang termasuk dalam media clean agent. Lalu, apa saja bedanya dengan APAR media lain dan apa keuntungannya? Mari kita simak bersama di artikel ini.

 

Keuntungan Menggunakan APAR Clean Agent

Dengan menggunakan APAR bermedia clean agent Anda akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Karena APAR ini tidak meninggalkan residu saat digunakan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan residu APAR. Ditambah lagi proses downtime pasca kebakaran akan lebih cepat.

APAR Clean Agent Keuntungannya

Selain itu, jika Anda menggunakan APAR ini di ruangan yang penuh dengan alat elektronik, residunya tidak akan tertinggal dan merusak alat elektronik. Maka APAR bermedia clean agent, sangat aman digunakan di ruangan dengan panel atau alat elektronik.

 

Apa Saja Media APAR Clean Agent

Ada beberapa media pemadam api yang termasuk dalam kategori APAR clean agent yang akan dibahas di bawah ini:

  • Media CO2

Salah satu media clean agent yang cukup populer adalah media CO2. APAR CO2 dengan sifatnya yang non-konduktor, sangat efektif untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan masalah elektrikal.

  • Media Halon

Selain media CO2, ada lagi media halon. Media halon adalah media clean agent yang sudah jarang dipakai. Karena ada kandungan CFC dalam media halon menyebabkan kerusakan ozon. Maka dari itu, pemerintah melarang penggunaan halon.

APAR Clean Agent yang Dilarang

Namun, dihimbau dalam menggunakan media-media tersebut Anda harus memperhatikan pasokan udara dan ventilasi dalam ruangan. Karena media-media ini bersifat gas, dan dapat membahayakan manusia jika terhirup terlalu banyak. Disarankan juga untuk menggunakan breathing apparatus saat menggunakan media-media tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan inspeksi APAR secara berkala, supaya tidak terjadi malfungsi pada APAR saat akan digunakan. Kenali juga cara menggunakan APAR dengan baik dan benar, supaya upaya pemadaman api bisa maksimal.

Leave a Comment

0