Cari Tahu Tentang APAR Foam AFFF di Sini!

APAR foam AFFF adalah APAR yang termasuk dalam salah satu sub-media APAR foam. APAR ini terbentuk dari hasil campuran surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkylfluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS) dan air.

Bahan-bahan di atas saat sudah tercampur akan menghasilkan media pemadam api foam AFFF. Media ini bisa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran A dan B.

APAR Foam AFFF Tempat yang Berpotensi Mengalami Kebakaran

Kelas kebakaran A yang disebabkan benda padat mudah terbakar, biasanya terjadi di gudang kayu, toko kain, pabrik kertas dan sebagainya. Sedangkan kelas kebakaran B yang dipicu benda cair mudah terbakar biasanya terjadi di depo pengisian bahan bakar, laboratorium, kilang minyak dan sebagainya.

 

Proses Pemadaman Api dengan APAR Foam AFFF

Cara kerja dari APAR foam AFFF adalah dengan cara mengisolasi sumber kebakaran. Saat APAR foam diaplikasikan di atas sumber kebakaran, maka akan muncul lapisan untuk memutus kontak antara api dan oksigen (segitiga api). Dengan terhalanginya oksigen masuk ke sumber api, maka secara otomatis api akan padam.

APAR Foam AFFF dan Proses Pemadamannya

Cara kerja pemadaman api seperti ini juga sangat efektif untuk digunakan pada kebakaran yang disebabkan minyak. Karena minyak dapat dengan mudah mengalir jika terdorong media pemadam api cair, maka yang paling tepat digunakan untuk memadamkan api dari bahan bakar minyak adalah foam AFFF.

Media foam AFFF ini akan mengisolasi kebakaran yang disebabkan oleh minyak dengan tetap menjaga bahan bakar tidak menyebar ke mana-mana. Dengan begitu titik-titik api tidak akan menyebar dan kebakaran bisa dikendalikan.

 

Kelas Kebakaran yang Bisa Dipadamkan APAR Foam AFFF

Pemadam api dengan media foam AFFF ini dikenal bisa memadamkan api dari kelas kebakaran A. Kelas kebakaran A disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, seperti kertas, sampah kering, kayu dan sebagainya.

APAR Foam AFFF dan Kelas Kebakaran yang Bisa Dipadamkan

Selain dapat memadamkan api dari kelas kebakaran A, ternyata APAR foam AFFF lebih populer digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B. Kelas kebakaran B disebabkan oleh bahan cair mudah terbakar, seperti bensin, alkohol, methanol, thinner dan sebagainya.

Tetapi sifat media ini yang juga konduktor, sangat dilarang digunakan pada kelas kebakaran C yang disebabkan oleh masalah elektrikal. Karena media ini bisa menghantarkan arus listrik, maka upaya pemadaman api dengan media ini bisa sangat berbahaya atau bahkan kebakaran akan semakin parah.

Leave a Comment

0