APAR HCFC Ramah Lingkungan Pengganti Media Halon

APAR HCFC adalah subtitusi alternatif dari media halon yang sudah dilarang beredar karena disinyalir dapat merusak ozon. APAR HCFC memiliki banyak kemiripan dengan media halon dalam hal cara kerja dan kelas kebakaran yang bisa dipadamkan. Poin-poin tersebut akan dibahas lebih dalam pada artikel kali ini.

 

Kelas Kebakaran yang Bisa Dipadamkan APAR HCFC

Kelas kebakaran yang bisa dipadamkan oleh APAR HCFC sebenarnya sama dengan kelas kebakaran yang bisa dipadamkan media halon, yaitu kelas kebakaran A, B dan C. Media HCFC dirasa sangat efektif untuk memadamkan kelas kebakaran tersebut, ditambah lagi medianya HCFC bersifat clean agent tidak akan mengotori area kebakaran.

APAR HCFC dan Kelas Kebakarannya

Namun, sayangnya meski media HCFC bersifat clean agent dan non-konduktor, tetapi harus digunakan dengan hati-hati pada ruangan dengan banyak alat elektronik. Karena dalam proses pemadaman menggunakan media HCFC akan muncul reaksi hydrogen halide yang bisa menyebabkan korosif pada alat elektronik.

 

Cara Kerja APAR HCFC Dalam Memadamkan Api

APAR HCFC yang medianya berbentuk cair dan berubah menjadi gas saat disemprotkan, bekerja dengan cara menarik unsur oksigen dari segitiga api. Saat oksigen berhasil dihilangkan dari rantai reaksi tersebut, maka kebakaran juga dapat diatasi.

APAR HCFC Dalam Segitiga Api

Namun, saat media HCFC bekerja disarankan bagi para penggunanya untuk menggunakan breathing apparatus. Karena jika media gas HCFC ini terhirup secara berlebihan, akan menyebabkan penggunanya keracunan. Dalam penggunaan HCFC, juga harus diperhatikan pasokan udara dan ventilasi di dalam ruangan.

Supaya saat media HCFC keluar untuk memadamkan api, tidak akan meracuni penggunanya. Karena jika pasokan udara dan ventilasi tidak ada, maka akan fatal dampaknya.

Nah, setelah Anda mendapat informasi tentang media HCFC, diharapkan Anda bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Karena media pemadam api sangat erat kaitannya dengan kelas kebakaran yang akan dipadamkan. Jika salah menggunakan media pemadam api, maka akan fatal dampaknya.

Selain menggunakan APAR dengan media yang tepat, Anda juga harus merawat APAR dan mempersiapkannya di area yang mudah dijangkau. Sehingga saat kebakaran terjadi, APAR bisa digunakan dengan baik dan mudah dijangkau.

Leave a Comment

0