Media Pemadam Api yang Digunakan APAR Kelas A

Ada banyak jenis media pemadam api yang bisa digunakan untuk memadamkan api. Namun, ternyata media pemadam api tidak bisa digunakan sembarangan. Dikarenakan tiap kebakaran memiliki klasifikasinya masing-masing. Maka, saat menggunakan APAR, medianya harus sesuai dengan kelas kebakarannya, misal APAR kelas A untuk kelas kebakaran A.

Kelas kebakaran A disebabkan oleh benda-benda padat. Kebanyakan benda tersebut dapat dengan mudah ditemukan di sekitar Anda. Seperti misalnya sampah kering, kayu, kertas, maupun kain. Saat benda-benda tersebut terkena panas dan bereaksi dengan oksigen, maka api akan muncul (segitiga api).

Media Powder APAR Kelas A

Powder adalah salah satu dari beberapa media APAR yang banyak digunakan untuk memadamkan api. Media powder sangat banyak digunakan karena cakupannya dalam memadamkan api cukup luas. Cakupannya tidak hanya di kelas kebakaran A, namun juga sampai kelas kebakaran B, C bahkan D.

APAR Kelas A dengan Media Pemadam Api Powder

Media powder ini bekerja dengan cara menutup sumber atau area kebakaran. Saat media disemprotkan, maka api akan tertutup oleh media powder. Lalu, media tersebut akan menutup kontak antara api dan oksigen. Sehingga reaksi kimia dalam segitiga api dapat diredam dan api bisa padam.

 

Media Foam dan Cair APAR Kelas A

Media foam dan cair adalah media yang sama-sama terbuat dari air atau liquid. Namun, untuk media foam, selain air ada tambahan biang busa pada media tersebut. Media-media tersebut biasa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran A dan juga B.

Kedua media ini dianggap efektif, karena medianya yang bisa meresap ke sumber api dan bahan bakar. Ketika media-media ini meresap ke dalam bahan bakar, media foam dan cair akan mendinginkan bahan bakar tersebut, sehingga titik api bisa padam.

APAR Kelas A Bermedia Foam

Setelah mengetahui jenis media APAR kelas A, ada baiknya untuk mengenali juga media pemadam api yang lain, supaya Anda bisa menggunakannya dengan tepat. Cari tahu karakteristik tiap media sebelum menggunakannya. Lalu, jangan lupa untuk selalu cek APAR sebelum menggunakannya, tentunya dengan bantuan aplikasi FIRECEK.

Leave a Comment

0