APAR Kelas B dan Jenis Media Pemadam Apinya

APAR kelas B terdiri dari beberapa jenis media pemadam api. Media pemadam api dari APAR kelas B ini dianggap efektif untuk memadamkan api dari kelas kebakaran B. Sebelum mengetahui apa saja medianya, mari cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai kelas kebakaran B.

Kelas kebakaran B adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan bakar dari benda cair. Benda cair mudah terbakar yang bereaksi dengan elemen-elemen lain dalam segitiga api akan menghasilkan api. Contoh benda cair mudah terbakar adalah bensin, thinner, alkohol dan sebagainya yang mudah ditemui di industri, lab dan juga pom bensin.

 

Powder, Salah Satu Media APAR Kelas B

APAR Kelas B Powder

Powder adalah media pemadam api yang paling populer digunakan. Media powder dikenal dapat memadamkan banyak kelas kebakaran, termasuk kelas kebakaran B ini. Media ini bekerja dengan cara menyelimuti sumber kebakaran dan memutus kontak antara titik api dan oksigen.

 

Media APAR Kelas B CO2

Media APAR Kelas B CO2

Media pemadam api CO2 sangat terkenal digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas C yang disebabkan oleh masalah elektrikal. Namun, ternyata selain kelas kebakaran C, media CO2 juga bisa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B. Media CO2 bekerja dengan cara mengurangi oksigen yang ada di udara sekitar daerah kebakaran, supaya proses oksidasi berhenti dan api bisa padam.

 

APAR Kelas B dengan Media Cair dan Foam

Media cair dan foam memiliki banyak kesaman. Keduanya mempunyai bahan dasar yang sama, yaitu sama-sama terbuat dari air atau liquid. Bedanya, foam diberi tambahan biang busa untuk membentuk buih pemadam api. Selain sama bahan dasarnya, kedua media ini juga sama-sama bisa memadamkan kelas kebakaran A dan B.

APAR Kelas B Cair dan Foam

Kedua media ini pun juga memiliki pola pemadaman api yang sama, yaitu dengan mendinginkan titik api. Jadi, saat kedua media ini disemprotkan ke sumber api, sifat cair dari kedua media ini akan meresap ke bahan bakar dan mendinginkan api. Dan secara otomatis api akan padam dengan sendirinya.

Nah, dengan mengetahui media dan kelas kebakaran, Anda akan terhindar dari kesalahan penggunaan media. Karena jika Anda salah menggunakan media, maka akibatnya bisa fatal, bahkan api bisa jadi akan semakin besar. Maka dari itu, mengenal seluk-beluk APAR sebelum menggunakannya sangat penting.

Leave a Comment

0