APAR Mobil 1 Kg dan 0.5 Kg Kini Diwajibkan oleh Pemerintah!

APAR mobil 1 Kg dan 0.5 Kg kini mulai banyak diburu oleh para pemiliki kendaraan terutama mobil. Bukannya tanpa sebab, kini APAR dengan kapasitas tersebut diwajibkan oleh pemerintah sebagai proteksi di dalam mobil, liwat Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Tips Memilih APAR Mobil 1 Kg dan 0.5 Kg

Banyak pilihan APAR yang bisa kamu temukan di pasaran, namun bagaimana memilih APAR untuk kendaraan? Simak tipsnya berikut!

  • Memiliki pressure gauge

Banyak APAR untuk mobil yang ada dipasaran tidak memiliki pressure gauge, padahal komponen ini sangat penting. Dengan tidak adanya pressure gauge, maka tekanan dalam tabung tidak dapat di-monitor oleh sebab itu jika tekanan drop bisa jadi tidak ternotifikasi. Ini akan berakibat fatal jika tekanan APAR drop maka APAR tidak dapat mendorong media keluar tabung untuk memadamkan api.

APAR Mobil 1 Kg Rekomendasi Damkar

  • Media pemadam api harus sesuai dengan potensi kelas kebakaran dalam mobil

Perhatikan apa saja kelas kebakaran yang dapat mengancam mobil sebelum memilih APAR, silakan cek di bawah ini:

  1. Kelas kebakaran A: kebakaran ini disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, di dalam mobil dapat diakibatkan oleh interior jok dan sebagainya.
  2. Kelas kebakaran B: disebabkan oleh benda cair mudah terbakar, di mobil dapat disebabkan oleh bahan bakar.
  3. Kelas kebakaran C: diakibatkan oleh elektrikal, biasanya dalam mobil terjadi jika ada kabel yang rusak atau terkelupas.

Maka, APAR harus bisa memadamkan kelas kebakaran ABC yaitu powder. Jadi sediakan APAR mobil 1 Kg dan 0.5 Kg hanya dengan media powder, jangan media lainnya.

  • Pilih APAR berkualitas yang sudah tersertifikasi Damkar

Jangan pilih APAR sembarangan dan tertipu oleh harga murah! Pastikan hanya menggunakan APAR berkualitas dan sudah tersertifikasi oleh Damkar Indonesia.

Cara Cek Alat Pemadam Api pada Mobil

Tidak hanya harus memilih alat pemadam api untuk mobil dengan tepat, namun perawatannya juga harus diperhatikan. Merawat APAR dalam mobil bisa dibilang mudah.

Yang pertama adalah pastikan APAR dipasang dengan baik dan benar, untuk menghindari APAR terguncang, jatuh dan terbentur yang akan mengakibatkan kerusakan fisik pada APAR. Selain itu, cek secara rutin tekanan APAR dengan melihat jarum pada pressure gauge pastikan selalu dalam green sector. Selanjutnya, bolak balik tabung untuk mengetahui apakah powder sudah menggumpal atau masih baik.

APAR Mobil 1 Kg Terkoneksi Aplikasi Firecek

Selain itu, media powder juga harus segera di-refill atau isi ulang jika sudah memasuki masa kedaluwarsa. Rata-rata APAR powder memasuki masa kedaluwarsa 5 tahun, jadi jangan sampai terlewat karena jika sampai terlewat akan sangat berisiko.

oleh sebab itu, untuk menotifikasi segala jenis aktifitas APAR milikmu kamu bisa gunakan Firecek. Dengan aplikasi Firecek, kamu bisa me-monitor APAR secara real-time dari mana saja via web dan smartphone. Jadi segera coba manage APAR-mu menggunakan aplikasi Firecek di sini!

apar mobil 1 kg, apar mobil 1 kg, apar mobil 1 kg, apar mobil 1 kg

Leave a Comment

0