Takut Kebakaran? Siapkan APAR Mobil 1 Kg Mulai Sekarang!

APAR mobil 1 kg semakin banyak dicari sejak pemerintah Indonesia resmi menetapkan aturan terbaru terkait fasilitas tanggap darurat kendaraan bermotor. Peraturan tersebut menjelaskan tentang kewajiban penyediaan APAR di dalam mobil.

Apakah APAR Wajib Ada di Mobil? Ini Kata Pemerintah Indonesia

APAR mobil 1 kg berlisensi lab damkar dki jakarta

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah perangkat yang dibutuhkan dalam upaya pertolongan pertama saat terjadi kondisi darurat kebakaran. Risiko kebakaran bisa terjadi dimana saja, termasuk di kendaraan bermotor seperti mobil.

Kewajiban penyediaan APAR di dalam mobil telah diatur dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No. KP.972/AJ.502/DRJD/2020 Tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Peraturan yang disahkan pada 18 Februari 2020 itu menjelaskan tentang syarat wajib penyediaan APAR di dalam kendaraan bermotor. Aturan ini ditetapkan dengan mempertimbangkan banyaknya kasus kebakaran mobil di Indonesia.

Menyediakan APAR di mobil sangat penting untuk mengurangi dampak dari kebakaran yang terjadi agar tidak terlalu parah. Dengan APAR, kebakaran di mobil bisa dipadamkan secepatnya, sehingga mobil dan penumpang bisa diselamatkan.

Fasilitas tanggap darurat pada kendaraan bermotor ini wajib disediakan oleh pengimpor atau pembuat kendaraan tersebut. Untuk pemilik mobil yang belum dilengkapi APAR, bisa membeli APAR dari produsen APAR terpercaya.

Baca juga: Penyebab Kebakaran Mobil dan Cara Mencegahnya

Lalu, Amankah APAR Disimpan di Mobil?

cara menyimpan apar mobil 1 kg yang benar

Menyimpan APAR di dalam mobil itu aman selama kamu meletakkannya dengan cara yang benar. Jadi, selain memperhatikan jenis dan ukuran APAR, kamu juga harus mengetahui cara pemasangan APAR di mobil yang tepat.

Sebaiknya, APAR mobil tidak disimpan di sembarang tempat karena bisa mengganggu mobilitas penumpang. Lantas, dimanakah posisi penyimpanan APAR mobil yang tepat?

APAR mobil 1 kg kg dapat disimpan diletakkan di bawah jok penumpang atau pengemudi mobil, sehingga mudah diambil saat terjadi kondisi darurat kebakaran. Posisi seperti ini juga tidak akan mengganggu mobilitas penumpang mobil.

Jangan Salah Pilih, Ini Jenis APAR 1 Kg yang Tepat untuk Mobil

Jika ingin meningkatkan keselamatan saat berkendara, kamu wajib menyediakan APAR di dalam mobil. Jika terjadi masalah pada mobil yang memicu kebakaran, kamu bisa langsung menggunakan APAR untuk memadamkannya.

APAR terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan media pemadam api yang digunakan. Pada umumnya, media pemadam api yang banyak digunakan di Indonesia adalah:

  • Dry chemical powder
  • Foam
  • CO2
  • Liquid gas

apar mobil 1 kg berkualitas

Jenis APAR yang direkomendasikan untuk memproteksi kendaraan bermotor adalah APAR dry chemical powder.

Kenapa harus menggunakan APAR Powder? Alasannya karena media powder efektif memadamkan api yang muncul akibat masalah instalasi listrik atau kerusakan mesin mobil. APAR powder bisa memadamkan kebakaran kelas A, B, C.

Alat pemadam api juga memiliki beberapa macam ukuran. Lantas, berapa ukuran APAR yang cocok untuk mobil? Dalam menentukan ukuran APAR, sebenarnya bisa disesuaikan dengan kapasitas mobil yang akan diproteksi.

Jenis APAR untuk mobil pribadi adalah APAR mobil 1 kg. Ukuran APAR 1 kg sangat simpel dan minimalis, sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang dan pengendara di dalam mobil.

Tips Memilih APAR Mobil 1 Kg

Banyak pilihan APAR yang bisa kamu temukan di pasaran. Namun, bagaimana memilih APAR yang terbaik untuk kendaraan? Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih APAR mobil 1 kg yang terbaik.

1. Pilih APAR Mobil yang Dilengkapi Pressure Gauge

apar mobil 1 kg memiliki pressure gauge

Banyak APAR mobil yang tidak memiliki komponen pressure gauge. Padahal, pressure gauge memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah alat pemadam api. Fungsi pressure gauge adalah untuk mengecek tekanan di dalam tabung APAR.

Jika tidak ada pressure gauge pada tabung APAR mobil, maka tekanan di dalam tabung tidak dapat dimonitor. Padahal, tekanan APAR harus selalu sesuai standar dan berada di green area, yaitu sekitar 13 – 18 bar.

2. Pilih Jenis APAR yang Sesuai dengan Potensi Kebakaran di Mobil

Media pemadam api di dalam tabung APAR harus sesuai dengan potensi kelas kebakaran pada mobil. Lalu, apa saja kelas kebakaran yang bisa mengancam kendaraan? Cek penjelasan lengkapnya berikut ini.

  • Kelas kebakaran A: Kebakaran yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, seperti interior jok dan benda padat mudah terbakar lainnya yang ada di mobil.
  • Kelas kebakaran B: Kebakaran ini diakibatkan oleh benda cair mudah terbakar, misalnya oli dan bahan bakar bensin.
  • Kelas kebakaran C: Kebakaran yang dipicu oleh masalah listrik bertegangan. Biasanya, di dalam mobil terjadi ketika ada kabel yang rusak atau terkelupas.

Karena mobil berisiko mengalami kebakaran kelas A, B, dan C, maka jenis APAR yang kamu pilih harus mampu mengatasi kelas kebakaran A,B, C. Nah, jenis APAR yang paling sesuai adalah APAR mobil 1 kg media dry chemical powder.

Baja juga: Klasifikasi Kelas Kebakaran di Indonesia dan Media Pemadamnya

3. Pastikan APAR Sudah Teruji dan Tersertifikasi Damkar

APAR mobil Firefix teruji damkar DKI Jakarta

Jangan sembarangan memilih APAR dan tertipu oleh harga murah di pasaran! Pastikan kamu hanya menggunakan APAR berkualitas. Contohnya adalah APAR mobil 1 kg Firefix yang sudah teruji dan bersertifikasi Damkar Indonesia.

APAR Firefix tersertifikasi Damkar DKI Jakarta dengan Nomor: LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020.

APAR mobil 1 kg Firefix terbukti bisa memadamkan api dalam hitungan detik saja. Karena sudah tersertifikasi Damkar Indonesia, maka kualitas alat pemadam api ini tidak perlu diragukan lagi.

Lalu, Berapa Harga APAR Mobil 1 Kg?

Harga APAR kecil untuk mobil dari merk Firefix ukuran 1 kg hanya Rp181.624,- saja.

Cara Merawat APAR Mobil Agar Ready to Use Saat Dibutuhkan

cara merawat alat pemadam api mobil yang baik dan benar

Selain harus tepat dalam memilih alat pemadam api mobil, kamu juga harus memperhatikan bagaimana cara perawatannya. APAR mobil 1 kg perlu dirawat dengan baik dan benar untuk menjaga fungsi dan kualitasnya.

Berikut adalah beberapa cara merawat APAR mobil yang benar.

  • Pastikan APAR dipasang dengan baik dan benar. Tujuannya untuk menghindari APAR terguncang, jatuh, dan terbentur yang bisa mengakibatkan kerusakan fisik pada APAR.
  • Cek tekanan APAR mobil secara rutin. Caranya dengan melihat jarum pada pressure gauge. Pastikan selalu berada di area green sector.
  • APAR mobil 1 kg harus segera di-refill atau isi ulang jika sudah memasuki masa kedaluwarsa. APAR powder Firefix memiliki masa kadaluarsa selama 5 tahun.

APAR Mobil 1 Kg Firefix Berteknologi Tinggi, Masa Expired Ternotifikasi di HP

APAR mobil Firefix ternotifikasi firecek

Pemadam api mobil yang sudah kadaluarsa harus diisi ulang. Kenapa? Media APAR expired mungkin tidak berfungsi dengan baik dan efektif lagi dalam memadamkan api. Media powder juga bisa menggumpal yang mengakibatkan penyumbatan.

Jadi, jangan sampai masa kadaluarsa APAR mobil 1 kg terlewat karena sangat berisiko. Jika menggunakan APAR mobil 1 kg Firefix, kamu tidak perlu khawatir akan kelupaan masa expired APAR. Pasalnya, masa kadaluarsa akan ternotifikasi ke smartphone.

APAR mobil 1 kg Firefix dilengkapi dengan kode QR yang bisa discan menggunakan aplikasi Firecek. Firecek adalah Aplikasi Sistem Kebakaran No. 1 di Indonesia. Nah, salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah notifikasi APAR expired.

Nah, itu dia serba-serbi tentang APAR mobil 1 kg yang wajib kamu ketahui. Kini saatnya kamu melengkapi mobil kesayangan dengan APAR agar lebih aman dan nyaman selama berkendara. Hubungi kontak kami untuk konsultasi!

Leave a Comment

0