APAR Stored Pressure, Hal-hal yang Harus Diketahui

APAR stored pressure dan cartridge adalah dua sistem tekanan APAR yang populer digunakan. Namun, kali ini, kita akan mencoba membedah tentang APAR stored pressure terlebih dahulu. Ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui jika memiliki pemadam api ringan dengan sistem stored pressure.

APAR Stored Pressure Beserta Gambar Skemanya

 

Perawatan APAR Stored Pressure

Sebelum mengetahui cara perawatan alat pemadam api ringan dengan sistem stored pressure, ada baiknya mengenal dahulu apa itu sistem stored pressure. APAR jenis ini menyimpan tekanan langsung pada tabung utama APAR, di mana media APAR juga disimpan.

Karena tekanan APAR disimpan bersamaan dengan media APAR, maka yang harus diperhatikan adalah faktor kelembaban. APAR bersistem stored pressure menggunakan gas nitrogen kering, sehingga ketika tekanan berada di dalam satu tabung dengan media APAR, tidak akan menyebabkan media menggumpal.

APAR Stored Pressure Perlu Melakukan Hydrotest

Selain itu, tekanan yang cukup tinggi (13-15 bar) dalam tabung APAR, membutuhkan perhatian khusus. Dengan sangat tingginya tekanan APAR, maka tabung APAR menahan tekanan tersebut. Oleh sebab itu, resiko kebocoran tabung akan semakin besar.

Dengan ini, APAR bersistem tekanan stored pressure wajib melakukan hydrotest. Pengetesan APAR hydrotest akan mendeteksi kebocoran tabung APAR lebih dini. Sehingga, bahaya kerusakan APAR dapat dicegah.

 

Keuntungan dari Menggunakan APAR Stored Pressure

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari sistem tekanan stored pressure, yang akan dibahas di bawah ini:

  • Mudah diinspeksi. Sistem tekanan stored pressure mudah diinspeksi karena memiliki komponen kelengkapan APAR yaitu pressure gauge. Anda tinggal melihat manometer untuk mengetahui tekanan APAR Anda, sudah standar atau belum.

APAR Stored Pressure dan Komponen Pressure Gauge

  • Konsturksinya simple. Stored pressure tidak membutuhkan tabung tambahan untuk menyimpan tekanan seperti APAR cartridge.
  • Mudah untuk diisi ulang tekanannya. Saat tekanan alat pemadam api ringan stored pressure menurun, Anda tinggal melakukan isi ulang tekanan di depo pengisian APAR. Sedangkan APAR cartridge membutuhkan servis APAR saat melakukan isi ulang tekanan.

Nah, itu semua seluk-beluk tentang APAR stored pressure yang bisa kami jabarkan di sini. Yang terpenting adalah Anda harus memahami APAR milik Anda dan selalu melakukan pengecekan APAR, supaya APAR Anda selalu dalam kondisi prima dan siap pakai.

Leave a Comment

0