APAR untuk Mobil Menurut Peraturan Dirjen Perhubungan Darat

APAR untuk mobil sekarang sudah mulai banyak diminati. Maka dari itu, pada artikel ini akan dibagikan tips memilih APAR untuk mobil. Ditambah lagi kini pemerintah telah mewajibkan proteksi kebakaran untuk mobil liwat: Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Bukan lagi rahasia umum bahwa potensi kebakaran pada mobil sangat besar. Hal ini tentu membuat Anda khawatir dengan keselamatan Anda. Tenang, silakan baca poin-poin di bawah ini supaya Anda bisa mempersiapkan APAR untuk mobil Anda dengan baik.

Tips Mudah Memilih APAR untuk Mobil

Banyak benda penyebab kebakaran yang bisa ditemukan di dalam mobil, terutama bahan bakar mobil. Benda cair mudah terbakar ini sering menjadi pemicu api yang mengakibatkan kebakaran di dalam mobil.

APAR untuk Mobil yang Disesuaikan Kelas Kebakarannya

Kebakaran karena benda cair mudah terbakar ini bisa terjadi jika ada kebocoran pada tangki, selang atau karburasi mobil. Jika bahan bakar keluar dari celah kebocoran dan suhunya naik, lalu bereaksi dengan oksigen (segitiga api), maka api akan muncul dan mengakibatkan kebakaran.

Selain bahan bakar mudah terbakar, masalah elektrikal pada mobil bisa juga menyebabkan kebakaran. Hal ini biasanya terjadi pada mobil dengan modifikasi yang melibatkan arus listrik pada mobil, misalnya modifikasi audio dan pencahayaan. Kenaikan arus listrik pada mobil terkadang bisa memicu konsleting dan mengakibatkan kebakaran.

Rekomendasi Alat Pemadam Api untuk Kendaraan

Dengan kelas kebakaran B (karena benda cair mudah terbakar) dan C (karena masalah elektrikal) yang mungkin terjadi pada mobil, maka APAR yang disediakan harus mampu menangani 2 kelas kebakaran tersebut. Media yang mampu memadamkan kedua kelas kebakaran tersebut adalah dry chemical powder.

APAR untuk Mobil Menurut Peraturan Dirjen Perhubungan Darat

Sesuaikan juga ukuran APAR yang akan Anda letakan dalam mobil. Pilih ukuran 1 kg. Ukuran tersebut akan memudahkan Anda untuk menyimpannya di dalam mobil. Ukuran tersebut juga sesuai dengan area yang akan diproteksi di dalam mobil.

Setelah Anda membeli APAR untuk mobil, Anda harus secara rutin melakukan inspeksi. Di jaman yang sudah maju ini, Anda bisa melakukan inspeksi dibantu dengan aplikasi Firecek yang bisa diakses via web dan smartphone. Dengan rutin melakukan inspeksi, maka APAR Anda akan selalu dalam kondisi siap pakai.

Showing 4 comments
  • nita
    Balas

    alat pemadam api media apa yang paling cocok untuk mobil ?
    berapa kg yang cocok untuk mobil minibus ?

    • Mario
      Balas

      Halo Nita,
      Terima kasih sudah meninggalkan komentar pada artikel Firecek ini.
      APAR yang paling cocok untuk mobil adalah APAR bermedia powder dengan berat 1 kg. Karena, dengan media powder semua potensi kebakaran yang mungkin terjadi pada mobil dapat diatasi oleh media ini. Sedangkan untuk minibus kami sarankan untuk menggunakan APAR powder dengan kapasitas 3 kg, mengingat area yang perlu diproteksi pada minibus lebih luas daripada mobil.

      Salam,
      Tim Firecek

      • Nurhidayat
        Balas

        Assalamualaikum wr.wb

        Selamat pagi, saya ingin bertanya jenis APAR yang paling cocok untuk mobil city car (Daihatsu Ayla 1.2 R 2018)…..?
        & berapa kap. (kg) yg harus disediakan / cocok untuk mobil saya tersebut.

        Terima kasih…

        • FIRECEK Apps
          Balas

          Wa ‘alaikumus salam Kak Hidayat,
          Jenis APAR untuk mobil city car (Daihatsu Ayla) yaitu APAR dengan media Powder ukuran 1 kg atau 2 kg yang bisa Kakak beli di firefix.id dengan harga terjangkau.
          Semoga membantu ya Kak.
          Terima kasih.

          Salam,
          Tim Firecek

Leave a Comment

0