APAR untuk Panel Listrik, Apa Saja Medianya?

APAR untuk panel listrik adalah hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Seperti yang kita tahu, ancaman atau potensi kebakaran pada ruangan panel listrik sangatlah besar. Malfungsi atau ketidakstabilan arus listrik bisa memicu kebakaran pada ruangan ini.

Nah, sebelum membahas APAR apa yang cocok untuk ruangan panel listrik, ada baiknya untuk mengenali potensi kebakarannya terlebih dahulu.

 

APAR untuk Panel Listrik dan Potensi Kebakarannya

Kebakaran di ruangan panel listrik bisa disebabkan banyak hal seperti konsleting, arus pendek listrik atau terdapat malfungsi pada komponen panel listrik. Menurut kelas kebakaran yang ada di Indonesia, kebakaran yang disebabkan masalah elektrikal ini tergolong dalam kelas kebakaran C.

APAR untuk Panel Listrik dan Potensi Kebakarannya

Kelas kebakaran C disebabkan oleh unsur elektrikal yang ada di dalamnya, maka APAR yang digunakan untuk memadamkannya tidak boleh sembarangan. Karena jika menggunakan APAR yang tidak tepat, bisa-bisa kebakaran justru akan semakin meluas.

 

APAR untuk Panel Listrik yang Ampuh Memadamkan Api Kelas Kebakaran C

Ada beberapa pilihan APAR yang bisa digunakan di ruangan panel listrik:

  • APAR CO2

APAR untuk Panel Listrik Bermedia CO2

APAR dengan media CO2 ini sangat populer digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran C yang disebabkan masalah elektrikal. APAR CO2 ini bersifat non-konduktor, jadi aman untuk digunakan memadamkan api karena masalah elektrikal. Selain itu, APAR ini juga bersifat clean agent yang tidak akan meninggalkan residu pada panel listrik.

  • APAR powder

APAR untuk Panel Listrik Menggunakan Powder

APAR powder sangat luas penggunaannya, mulai dari kelas kebakaran A, B sampai C. APAR dengan media kimia kering ini mampu memadamkan api pada ruangan panel listrik. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu residunya. Bersihkan residu powder sesegera mungkin, supaya tidak membuat panel listrik terkena korosif.

  • APAR halon dan media penggantinya

APAR halon dan media penggantinya memiliki karakteristik yang sama. Kedua media APAR ini sama gas non-konduktor yang dapat memadamkan api karena masalah elektrikal. Selain itu, kedua media ini juga tergolong dalam APAR clean agent, jadi sangat aman untuk digunakan di ruangan berpanel listrik.

APAR untuk-Panel Listrik Menggunakan HFC-227

Setelah Anda mengetahui APAR apa saja yang tepat untuk digunakan di ruangan panel listrik, disarankan untuk segera menyediakannya. Dan setelah APAR tersedia, jangan sampai lupa untuk melakukan inspeki pada APAR. Jadi ketika APAR digunakan akan tetap dalam kondisi prima.

Leave a Comment

0