Inilah Media-media APAR untuk Rumah Tangga

APAR untuk rumah tangga harus diperhatikan media pemadam apinya. Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa media pemadam api erat kaitannya dengan kelas kebakaran tertentu. Maka dari itu, sebelum membeli APAR untuk rumah Anda, ada baiknya melakukan observasi potensi kebakarannya terlebih dahulu.

Tiap ruangan di dalam rumah memiliki potensi kelas kebakaran tersendiri. Misalnya di kamar, mungkin kelas kebakaran A yang akan terjadi. Atau misal di garasi mobil, kelas kebakaran B & C yang berpotensi muncul. Tiap ruangan memiliki potensi kebakarannya masing-masing yang perlu diakomodasi dengan APAR yang tepat.

 

APAR untuk Rumah Tangga Bermedia Powder

APAR dengan media powder memang sangat populer penggunaannya. Anda bisa menemukan APAR ini digunakan hampir di berbagai tempat, mulai dari industri, rumah sakit, perkantoran, sekolah, sampai rumah-rumah pribadi. Populernya media ini tidak lepas dari kegunaannya yang sangat luas.

APAR untuk Rumah Tangga Bermedia Powder

APAR powder bisa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran A sampai D. Maka, APAR ini sangat cocok untuk digunakan di dalam rumah. APAR powder bisa memadamkan api di ruangan kamar yang berpotensi memunculkan kelas kebakaran A, atau di garasi mobil dengan potensi kelas kebakaran B dan C.

 

Kebutuhan APAR untuk Rumah Tangga di Dapur

Area dapur adalah area paling rawan terjadi kebakaran dibanding ruangan lain yang ada di dalam rumah. Maka, mempersiapkan APAR di ruangan ini sangatlah penting. Namun, ada baiknya melihat dulu potensi kebakaran yang mungkin terjadi di dapur.

Di dapur bahan bakar (salah satu elemen segitiga api) adalah minyak goreng. Minyak yang termasuk bahan cair ternyata tidak serta-merta bisa dikategorikan bahan bakar kelas kebakaran B. Sifat minyak goreng yang unik, dikategorikan tersendiri dalam kelas kebakaran K atau kitchen.

APAR untuk Rumah Tangga di Dapur

Kelas kebakaran K atau kitchen-pun tidak bisa dipadamkan menggunakan APAR kelas kebakaran B. Kebakaran di dapur paling efektif ditangani dengan APAR K.

Ciri-ciri APAR K adalah memiliki katup pada ujung selang untuk menutup api jika masih sebesar penggorengan. Selain itu, media APAR K bekerja dengan cara saponifikasi. Proses ini memungkinkan minyak goreng mendingin dan berubah menjadi seperti sabun. Proses saponifikasi akan memadamkan api kelas K secara maksimal.

Dengan pentingnya APAR untuk rumah, Anda diwajibkan untuk menyediakan APAR sebagai upaya mitigasi kebakaran di rumah Anda. Lalu, letakan APAR di tempat yang mudah dijangkau di dalam rumah Anda. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan inspeksi APAR milik Anda, supaya selalu dalam kondisi siap pakai.

Leave a Comment

0