Aplikasi Pemetaan Pendeteksi Dini Kebakaran Pada Wilayah yang Rawan

Aplikasi Pemetaan Pendeteksi Dini Kebakaran

Kebakaran, merupakan salah satu bencana yang sangat mematikan. Banyak dari kita terkadang menganggapnya sepela, lantaran jarang pernah terjadi. Tetapi di U.S sendiri hal tersebut menjadi sangat diperhatikan, lantaran banyak sekali memakan korban dan kerugian.

Akhir-akhir ini Penelitian dan teknologi Wildfire melakukan sebuah penelitian sebuah alat baru. Beberapa alat baru telah dirilis untuk membantu masyarakat dalam memahami, mengeksplorasi, dan mengurangi risiko kebakaran pada lingkungan mereka. Salah satunya yaitu aplikasi pemetaan pendeteksi dini kebakaran interaktif Firewise USA.

Apa Adakah Aplikasi Pemetaan Pendeteksi Dini Kebakaran

Diluncurkan pada bulan April oleh Dinas Kehutanan USDA dan Laboratorium Ilmu Kebakaran Missoula di Stasiun Penelitian Gunung, Wildfire Risk to Communities menjadi aplikasi pemetaan pendeteksi kebakaran di wilayah Amerika Serikat.

Aplikasi Pemetaan Pendeteksi Dini Kebakaran Di Indonesia

Tidak kalah dengan Amerika Serikat, Indonesia juga memiliki aplikasi untuk melakukan pemetaan deteksi dini kebakaran. SiPongi merupakan pemetaan deteksi dini kebakaran dengan basis web yang dibuat oleh pemerintah kita, bekerja sama dengan beberapa instansi lainnya, seperti BNPB, LAPAN, BMKG, DitjenPPI, dan KLHK.

Aplikasi Pemetaan Pendeteksi Dini Kebakaran Resmi

Melalui website SiPongi, Anda dapat memantau banyak hal. Mulai dari pemetaan titik panas di seluruh wilayah Indonesia tiap minggunya, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, situs ini juga menampilkan data grafik titik panas secara TERA/AQUA.

Pada laman ini, kita juga bisa mendapatkan laporan harian mengenai titik panas yang berada di seluruh wilayah Indoensia. Akan tetapi kita juga dapat menyaringnya menjadi daerah yang hanya kita inginkan saja. Laporan harian ini akan terus terbarui.

Mempermudah Para Pemadam

Fasilitas ini menggunakan penginderaan satelit. Sehingga kita dapat dengan mudah memantaunya dari atas wilayah Indonesia. Indikator-indikator yang dijelaskan pada situs ini juga cukup jelas dan mudah dipelajari serta dimengerti.

Adakah Aplikasi Pemetaan Pendeteksi Dini Kebakaran Resmi

Dengan adanya fasilitas ini, para pemadam juga dapat dengan mudah memantau titik-titik lokasi yang rawan akan terjadinya kebakaran. Menurut data grafik pada situs siPongi tersebut, ada banyak lahan yang memiliki risiko tinggi rawan terjadinya kebakaran.

Kedepannya, semoga Indonesia mampu membuat aplikasi pemetaan pendeteksi dini kebakaran yang lebih detail dan memiliki banyak fitur yang lebih canggih lagi.

Sumber : New digital resources available for understanding community wildfire risk

Leave a Comment

0