Bagian APAR dan Tips Merawatnya Pakai Aplikasi APAR Firecek

bagian apar

Sebagai pemilik dan pengguna APAR, kamu harus tahu apa saja bagian atau komponen dari APAR beserta fungsinya. Tiap bagian tersebut memiliki perannya masing-masing dalam menunjang cara kerja APAR dalam memadamkan api.

Apa Saja Bagian APAR? Cek di Sini!

Apakah kamu sebagai pengguna APAR sudah tahu apa fungsi dari tiap komponen yang melekat pada APAR milikmu? Kalo belum yuk pelajari di bawah ini! Supaya kamu tahu fungsinya dan dapat memanfaatkannya untuk mengoptimalkan kerja APAR dalam memadamkan api:

  • Safety pin

Komponen ini berfungsi untuk menahan tuas APAR saat APAR tidak digunakan. Sehingga, jika tuas APAR tidak sengaja tertekan, tidak akan mengakibatkan media pemadam api keluar. Jadi, jika kamu mau menggunakan APAR harus mencabut safety pin terlebih dahulu supaya tuas APAR bisa ditekan.

bagian apar

  • Pressure gauge

Ini adalah komponen yang digunakan untuk mengecek tekanan di dalam tabung APAR. Terutama pada APAR dengan sistem tekanan stored pressure.

  • Tuas/handle

Tuas APAR atau handle berfungsi untuk membuka spindle. Saat tuas APAR ditekan, maka gas bertekanan akan membawa media pemadam api keluar dari dalam tabung APAR.

  • Selang/hose

Komponen selang atau bisa juga disebut hose berfungsi untuk menyalurkan media pemadam api dari dalam tabung menuju ke ujung nozzle.

  • Nozzle

Bagian nozzle adalah corong keluarnya media pemadam api menuju ke titik api. Sehingga, kebakaran dapat dipadamkan. Jadi, pastikan nozzle tidak tersumbat, agar media pemadam api bisa keluar dengan maksimal.

  • Tabung APAR

Tabung atau juga biasa disebut tube adalah tempat di mana media pemdam api disimpan. Pastikan tabung APAR milikmu melakukan hydrotest tiap 5 tahun.

  • Sabuk tabung

Komponen ini digunakan untuk mengamankan nozzle. Sehingga, nozzle tidak menggantung dan mudah untuk diambil saat akan digunakan memadamkan api.

Bagian APAR Komponen APAR Penting

Nah, itulah komponen APAR yang harus kamu ketahui. Setiap komponen tersebut sangat penting dalam menunjang kerja APAR. Oleh sebab itu, tiap komponen APAR harus dijaga dan dirawat dengan baik!

Tips Mudah Merawat Komponen APAR Pakai Firecek

Untuk menjaga performa APAR, dapat dilakukan dengan cara merawat dengan baik komponen-komponen APAR seperti yang sudah disebutkan di atas. Ada beberapa cara untuk merawat komponen APAR:

  • Membersihkan APAR secara berkala
  • Menempatkan APAR sesuai standar
  • Melakukan inspeksi secara rutin dengan aplikasi Firecek

Bagian APAR Inspeksi dan Rawat Pakai Aplikasi Pengecekan APAR Pertama di Indonesia Firecek

Nah, dengan aplikasi Firecek kini merawat APAR menjadi lebih mudah. Kamu bisa menjadwalkan inspeksi APAR secara berkala tanpa perlu khawatir melewatkannya. Karena aplikasi ini akan memberikan notifikasi inspeksi APAR saat sudah mendekati tanggal inspeksi.

bagian apar

Selain itu, data track record inspeksi APAR akan tersimpan rapi dan aman di aplikasi Firecek. Sehingga, kerusakan dan maintenance dapat dilacak dengan baik. Lalu, jika ada komponen APAR yang rusak, kamu juga bisa melakukan budgeting servis dan maintenance APAR liwat aplikasi Firecek. Sangat ringkas dan banyak manfaat bukan menggunkana aplikasi Firecek?

Ingin merasakan pengalaman terbaru dalam merawat APAR pakai aplikasi Firecek? Langsung klik di sini.

Leave a Comment

0