Bagian Bagian Mobil Pemadam Kebakaran Beserta Fungsinya

Mobil pemadam kebakaran adalah kendaraan yang khusus dirancang untuk memudahkan  kinerja tim Damkar. Bagian-bagian mobil pemadam kebakaran sangat lengkap untuk membantu memadamkan api dan mengendalikan situasi kebakaran.

Kendaraan ini dilengkapi dengan tangki air yang membawa pasokan air untuk memadamkan api. Mobil damkar juga dilengkapi dengan berbagai peralatan yang berguna dalam proses pemadaman kebakaran.

Apa Saja Bagian-Bagian Mobil Pemadam Kebakaran?

bagian mobil pemadma lengkap dan alat pelindung diri

Kendaraan pemadam kebakaran terdiri dari berbagai komponen yang memiliki fungsi penting dalam membantu proses pemadaman kebakaran. Bagian-bagian mobil pemadam kebakaran dan fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Chassis

Chassis adalah kerangka dasar pada armada damkar. Kerangka ini membentuk rangkaian tempat duduk, kompartemen, dan alat pemadam kebakaran. Chassis dirancang khusus dengan konfigurasi dan ukuran yang bervariasi.

2. Tangki Air

Mobil damkar memiliki tangki air sebagai wadah untuk penyimpanan pasokan air yang dibutuhkan untuk pemadaman. Tangki air pada mobil damkar memiliki kapasitas besar agar bisa menyediakan pasokan air yang cukup.

3. Pompa Air

bagian mobil pemadam kebakaran pompa air

Pada mobil damkar, terdapat fire pump yang berfungsi untuk memompa air dari tangki air atau sumber air lain dengan tekanan tinggi. Pompa air memungkinkan pasokan air bisa disalurkan dengan kuat melalui selang pemadam ke titik kebakaran.

4. Selang Pemadam Kebakaran

Fungsi fire hose adalah untuk mengalirkan pasokan air dari mobil damkar menuju ke titik api. Alat ini dibuat dari bahan khusus yang tahan terhadap panas dan tekanan tinggi, sehingga tetap kuat selama proses pemadaman api.

Baca juga: Jenis Selang Pemadam Kebakaran dan Penggunaannya

5. Nozzle Pemadam Kebakaran

Selain menyediakan fire hose, mobil damkar juga memiliki nozzle pemadam. Nozzle adalah alat yang dipasang pada bagian ujung selang pemadam kebakaran. Fungsi nozzle adalah untuk mengarahkan dan menyebarkan air ke titik kebakaran.

Baca juga: Jenis Nozzle Hydrant dan Fungsinya dalam Distribusi Air

6. Alat Pemadam Api Portable

bagian mobil pemadam kebakaran tabung pemadam api portable

Setiap mobil pemadam juga dilengkapi dengan alat pemadam api portable, seperti APAR. Alat ini memungkinkan petugas damkar bisa merespon kebakaran kecil dengan cepat dan lebih mudah memadamkan titik api yang sulit dijangkau.

Baca juga:

7. Kompartemen

Mobil damkar memiliki kompartemen sebagai tempat penyimpanan alat-alat pemadam kebakaran. Kompartemen dirancang menggunakan sistem penahan yang kuat, sehingga menjaga peralatan tetap aman dan mudah diakses saat diperlukan.

8. Tangga

bagian mobil pemadam kebakaran tangga

Bagian mobil pemadam kebakaran yang tidak kalah penting adalah tangga yang bisa ditarik untuk mencapai area yang sulit dijangkau. Alat ini juga sangat membantu untuk melakukan evakuasi di ketinggian.

Baca juga: Fungsi Mobil Pemadam Kebakaran Tangga dan Cara Kerjanya

Alat Perlindungan Diri di Mobil Pemadam Kebakaran

Setiap mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi dengan berbagai macam alat perlindungan diri (APD). Peralatan pemadam kebakaran ini sangat penting untuk menjaga keselamatan petugas damkar selama melakukan penyelamatan.

Alat Perlindungan Diri (APD) adalah peralatan khusus untuk melindungi individu dari risiko dalam situasi yang berbahaya seperti kebakaran, sehingga terhindar dari cedera dan bahaya lainnya.

1. Baju Tahan Api

bagian mobil pemadam kebakaran baju tahan api

Setiap petugas damkar harus menggunakan baju tahan api saat melakukan operasi penyelamatan kebakaran. Baju tahan api didesain khusus untuk melindungi petugas damkar dari suhu tinggi, panas, dan api agar terhindar dari cedera.

2. Helm Pemadam Kebakaran

Alat ini sangat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan pada kepala petugas damkar selama melakukan proses penyelamatan. Helm pemadam kebakaran akan melindungi kepala dari percikan api, benturan, atau benda-benda jatuh.

3. Sarung Tangan

bagian mobil pemadam kebakaran sarung tangan pelindung diri

Dalam menjalankan tugas pemadaman kebakaran, petugas damkar juga membutuhkan sarung tangan khusus yang tahan panas dan api. Dengan alat ini, tangan akan terlindungi dari paparan bahan kimia, panas, api, dan potensi luka.

4. Masker Pelindung Wajah

Bagian mobil pemadam kebakaran ini berfungsi untuk melindungi wajah sekaligus saluran pernapasan petugas damkar. Dengan masker pelindung wajah, petugas damkar akan terhindar dari paparan asap, gas, dan partikel berbahaya lainnya.

5. Alat Pernapasan Mandiri

bagian mobil pemadam kebakaran alat pernapasan mandiri

Saat berada di lingkungan berbahaya, seperti ruangan yang penuh asap dan gas beracun, petugas damkar membutuhkan alat pernapasan mandiri. Fungsinya untuk menyediakan pasokan udara, sehingga sistem pernapasan tidak terganggu.

6. Sepatu Tahan Panas

Sepatu tahan panas dirancang khusus untuk melindungi kaki pengguna dari api, panas, pecahan kaca, atau benda-benda tajam dan berbahaya lainnya. Dengan sepatu tahan panas, petugas damkar bisa bekerja lebih cepat dan tetap aman.

Petugas damkar juga membutuhkan alat pelindung tambahan, seperti rompi tahan api, penutup kepala, kacamata pelindung, dan alat komunikasi untuk menjaga keselamatan mereka saat di lingkungan berbahaya.

Baca juga:

Cara Pengecekan Bagian-Bagian Mobil Pemadam Kebakaran

Merawat dan mengecek mobil pemadam kebakaran secara rutin sangat penting dilakukan. Tujuannya untuk memastikan kesiapan semua alat dan berfungsi optimal saat dibutuhkan dalam kondisi darurat.

Pengecekan dan perawatan bagian-bagian mobil pemadam kebakaran bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Lakukan pemeriksaan visual terhadap semua komponen yang ada di mobil pemadam kebakaran. Termasuk nozzle, selang, APAR, dan alat perlindungan diri.
  • Perhatikan adanya tanda-tanda keausan atau kerusakan pada semua peralatan yang bisa mempengaruhi kinerja peralatan. Jika ada yang mengalami kerusakan, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  • Pastikan APAR dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan. Periksa kapan masa kadaluarsa APAR dan pastikan tekanan tabung APAR masih berada dalam rentang yang sesuai.
  • Bersihkan semua komponen mobil pemadam kebakaran dengan hati-hati. Pastikan semua peralatan bebas dari debu, kotoran, atau zat-zat lain yang bisa mengganggu kinerja dan menyebabkan kerusakan alat.

pengecekan bagian mobil pemadam kebakaran

Selain melakukan pemeriksaan, pengujian fungsi komponen mobil pemadam kebakaran juga penting dilakukan. Pastikan semua alat bisa berfungsi dengan baik, tidak ada kebocoran, dan tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

Nyalakan pompa air pada mobil damkar untuk menguji kinerjanya. Pastikan tekanan pompa dan aliran air berjalan normal. Periksa juga sistem pompa untuk memastikan tidak ada kebocoran atau masalah lain yang bisa mengganggu kinerjanya.

Saat melakukan inspeksi mobil damkar, jangan lupa catat riwayat pemeliharaan. Buat catatan lengkap yang mencakup tentang pemeliharaan, pengujian, dan pemeriksaan semua komponen mobil pemadam kebakaran yang meliputi:

  • Tanggal pemeriksaan
  • Hasil pengecekan dan pengujian
  • Perbaikan yang perlu dilakukan
  • Tindakan yang perlu diambil

Pengecekan dan Pengelolaan Mobil Damkar Lebih Praktis Pakai Smartphone

Inspeksi mobil pemadam kebakaran sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Dengan rutin melakukan inspeksi, fungsi semua komponen mobil damkar akan terpelihara dengan baik.

Setiap petugas pemadam kebakaran harus memiliki keterampilan dalam pengecekan dan pemeliharaan mobil damkar sesuai prosedur. Selain itu, juga harus bisa mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada peralatan.

Dengan berkembangnya teknologi digital, kini pemeliharaan armada damkar jadi lebih mudah dan praktis. Pengelolaan mobil pemadam kebakaran bisa dilakukan dengan praktis menggunakan aplikasi Firetruck. Apa itu Firetruck?

bagian mobil pemadam kebakaran bisa dicek pakai aplikasi smartphone

Fire Truck adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pengecekan dan pengelolaan aset mobil pemadam kebakaran pada instansi pemerintahan bagian (dinas) pemadam kebakaran di Indonesia.

Dengan aplikasi Fire Truck, koordinasi tim damkar terkait pengecekan dan pemeliharaan mobil pemadam kebakaran akan lebih terorganisir. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Firetruck dan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Mengelola data armada pemadam kebakaran
  • Membuat agenda service dan inspeksi mobil damkar
  • Melakukan inspeksi rutin mobil damkar
  • Mengakses notifikasi terkait service dan inspeksi
  • Mengelola armada rusak
  • Mengelola regu pemadam kebakaran
  • Mengelola posko pemadam kebakaran

Firetruck akan mempermudah tim damkar dalam pengelolaan armada yang dimiliki. Ingin coba kemudahan inspeksi mobil damkar dengan Firetruck? Download DISINI! Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak kami!

Leave a Comment

0