Bagaimana Cara Meminimalisir Bahaya APAR Kadaluarsa

Jaman sekarang khalayak luas sudah sangat memperhatikan betapa pentingnya sistem keamanan suatu tempat sampai pada sistem kebakarannya. Alat pemadam api ringan adalah alat yang paling sering digunakan. APAR dinilai cukup ekonomis karena masa kadaluarsa medianya yang cukup panjang. Namun, jangan sepelekan bahaya APAR kadaluarsa.

APAR kadaluarsa memiliki potensi yang cukup berbahaya untuk digunakan, ada banyak hal fatal yang mungkin terjadi karena hal ini. Pada artikel ini akan dikupas bagi Anda bagaimana cara meminimalisir bahaya dari APAR kadaluarsa dan apa saja kemungkinan-kemungkinan yang bisa mengancam keselamatan Anda.

 

Tenang, Bahaya APAR Kadaluarsa Bisa Diminimalisir

Bahaya APAR Kadaluarsa Bisa Diminimalisir

Ternyata bahaya dari APAR kadaluarsa bisa diminimalisir dengan mudah. Pertama-tama, Anda harus tahu masa kadaluarsa media APAR, misalnya dry chemical powder dan CO2 bisa bertahan sampai lima tahun. Dengan mengetahui masa kadaluarsa media APAR, Anda bisa tahu kapan saat yang tepat untuk menggantinya dan melakukan pengisian ulang.

Lalu, selalu lakukan inspeski pada APAR milik Anda, untuk mengetahui apakah ada kerusakan-kerusakan pada komponen APAR milik Anda. Jika saat inspeksi ada kerusakan, segera ganti komponen tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu meng-update kartu APAR dengan bantuan aplikasi FIRECEK, setelah melakukan inspeksi.

 

Bahaya APAR Kadaluarsa dan Akibat yang Ditimbulkannya

Bahaya APAR Kadaluarsa yang Mungkin Terjadi

Bahaya yang mungkin terjadi dari media APAR yang kadaluarsa ada beberapa, yang pertama adalah penyumbatan pada output APAR. Penyumbatan ini terjadi karena adanya media yang menggumpal, biasanya pada media APAR dry chemical powder. Penggumpalan ini menyebabkan APAR tidak bisa digunakan dan menyebabkan upaya pemadaman api menjadi gagal.

Berikutnya, media pemadam api yang menyumbat output APAR bisa juga menyebabkan ledakan. Pasti Anda sudah tahu bahwa APAR mempunyai tekanan yang sangat tinggi untuk mengeluarkan media APAR. Nah, jika tekanan tinggi ini terhambat, maka dikhawatirkan bisa mengakibatkan ledakan pada tabung APAR.

Selain itu, media APAR yang sudah kadaluarsa juga bisa menjadi racun. Jika tabung APAR keluar dari sela-sela selang dan meracuni udara dalam ruangan, maka akan sangat membahayakan orang yang ada pada ruangan tersebut.

Itulah semua yang bisa dibagikan tentang seluk-beluk dari bahaya alat pemadam api kadaluarsa, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a Comment

0