Box Alat Pemadam Api Ringan Ini Kegunaannya!

Box alat pemadam api ringan adalah benda yang menyerupai peti yang ukurannya sesuai dengan APAR. Box APAR adalah ‘elemen’ kelengkapan APAR yang wajib dimiliki oleh Anda, para pemilik APAR. Box APAR biasanya dengan mudah bisa ditemukan di dekat pintu-pintu darurat pada bangunan seperti rumah sakit, apartemen dan sebagainya.

Box Alat Pemadam Api Ringan di Apartmen

 

Ciri-ciri dari Box Alat Pemadam Api Ringan

Box alat pemadam api ringan mempunyai bentuk menyerupai peti kecil seukuran APAR, biasanya tersedia untuk ukuran APAR 2 kg – 9 kg, namun juga ada ukuran kustomnya. Selain itu, box ini memiliki pintu yang akan mengamankan APAR dari tindakan vandalisme dan pencurian.

Namun, jika terjadi kebakaran, Anda tidak perlu sulit-sulit mencari kunci untuk membuka box APAR. Dalam situasi genting, kaca pada pintu box APAR bisa dengan mudah dipecah untuk mengeluarkan APAR dari box.

Box Alat Pemadam Api Ringan dan Ciri-cirinya

Selain itu, box APAR di Indonesia mempunyai standar yang sama yaitu harus dicat dengan warna merah. Pemberian warna merah pada box APAR dianggap akan memudahkan orang-orang untuk mencarinya di saat darurat.

Selain itu, ada jenis box APAR yang menggunakan bahan fiberglass (serat kaca). Biasanya box APARĀ fiberglass digunakan di tempat-tempat dengan kelembapan tinggi. Karena, box APAR fiberglass sangat tahan akan suhu lembap dan korosif.

 

Box APAR untuk Menyimpan dan Melindungi APAR

Seperti yang sudah diketahui, bahwa tempat peletakan dan cara menyimpan APAR memiliki pengaruh cukup besar pada APAR. Misalnya, tempat yang lembap akan berpengaruh pada media di dalam APAR. Apa lagi suhu yang ekstrim di Indonesia, jika terpapar cuaca ekstrim, maka media di dalam APAR akan cepat rusak sebelum memasuki masa kadaluarsa.

Box Alat Pemadam Api Ringan untuk Menyimpan dan Melindungi APAR

Selain itu jika tabung dan komponen APAR terkena hujan dan panas terus-menerus tanpa dilindungi box APAR akan cepat rusak. Oleh sebab itu, harus dilindungi box APAR, supaya jika kehujanan dan terkena panas sinar matahari, akan tetap terlindungi.

Tidak cukup menggunakan box alat pemadam api ringan saja, Anda juga harus melakukan inspeksi rutin untuk menjaga performa APAR Anda tetap maksimal. Sekarang, Anda juga bisa menggunakan aplikasi FIRECEK untuk melakukan inspeksi dan menjadwalkannya.

Leave a Comment

0