Mengetahui Cara Cek APAR CO2

Alat pemadam api ringan atau APAR seringkali digunakan untuk mengatasi kebakaran pada tahap awal. Bentuknya yang mudah dibawa dan hanya memerlukan satu orang saja untuk mengangkatnya, menjadikan APAR pilihan bagi orang banyak. Maka tak ayal jika sekarang APAR mudah dijumpai di tempat umum sampai rumah pribadi.

Tidak hanya bentuknya yang sangat compatible untuk digunakan pada upaya pemadaman api tingkat awal, ternyata APAR-pun terhitung ekonomis. Hal ini ditunjang dengan media APAR yang cukup awet, mampu disimpan empat sampai enam tahun tergantung perawatannya.

Merawat APAR tentu tidak boleh sembarangan. Apa lagi media APAR yang berbeda-beda memiliki karakteristik tersendiri. Dalam hal perawatan tentu setiap media APAR punya penanganan yang berbeda. Seperti cara cek APAR CO2 pun tentu berbeda dengan media seperti dry chemical powder, foam dan cair.

Langkah-Langkah Cara Cek APAR CO2

Cara Cek APAR CO2 dengan Timbangan

APAR CO2 yang tidak dilengkapi pressure gauge hanya memungkinkan dicek dengan cara ditimbang. Di bawah ini akan dijabarkan langkah-langkah pengecekan APAR CO2:

  1. Cek label yang ada pada tabung, lalu cari informasi tentang berat tabung tanpa isi dan berat tabung dengan isi ketika masih baru atau saat belum dipakai. Selisih dari dua berat tabung tersebut akan menunjukan berat normal CO2 yang seharusnya ada dalam tabung.
  2. Lakukan penimbangan pada tabung APAR CO2. Setelah diketahui beratnya, cari selisih antara berat tabung dengan isi saat masih baru atau belum dipakai dengan berat tabung setelah dilakukan penimbangan. Jika selisihnya lebih dari 10%, maka harus segera dilakukan pengisian ulang.
  3. Setelah diisi ulang, cara cek APAR CO2 selanjutnya adalah memeriksa komponen-komponen lain pada tabungnya seperti badan tabung, nozzle, saffety pin dan selang.
  4. Setelah semuanya diperiksa dan diperbaiki atau diganti jika ada yang rusak, perbarui data yang ada pada label tabung.
  5. Kembalikan tabung pada tempat semula dan pastikan tempat yang digunakan aman dan dapat diakses dengan mudah.

Cara Cek APAR CO2 Menggunakan FIRECEK

Cara Cek APAR CO2 dengan Aplikasi

Seperti yang sudah disinggung di poin ke empat pada cara perawatan APAR CO2, memperbarui data pada label tabung sangat lah penting. Hal ini digunakan untuk melakukan tracking saat perawatan atau pengisian ulang tabung APAR berikutnya.

Meski kelihatannya mudah, tapi kadang masih membuat kesusahan bagi para pengguna APAR dalam memperbarui data pada label tabung. Namun sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi, karena ada aplikasi FIRECEK yang siap membantu Anda untuk melakukan pembaruan data pada label tabung.

FIRECEK juga akan mengingatkan Anda kapan untuk melakukan isi ulang. FIRECEK juga akan memberikan informasi lain seperti tanggal kapan Anda membeli tabung APAR, hanya dalam satu genggaman di smartphone Anda. Maka dari itu tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi FIRECEK dan nikmati kemudahan dalam merawat piranti APAR Anda!

Leave a Comment

0