Cara Inspeksi APAR Terkini dengan Aplikasi

Sekarang ini penggunaan alat pemadam api ringan atau APAR sudah semakin marak di berbagai tempat. Mulai dari tempat umum sampai ke rumah-rumah pribadi. Dengan banyaknya pengguna APAR, tak ayal jika banyak orang menanyakan cara inspeksi APAR.

Meski APAR cukup awet hingga 4 tahun, namun APAR bukanlah benda yang tidak perlu dirawat. Justru APAR harus diperiksa dan dirawat secara berkala, meski belum digunakan. Pengecekan-pengecekan seperti tekanan, media APAR dan komponen lainnya harus rajin dilakukan. Hal tersebut guna menjaga APAR dalam kondisi prima.

Aplikasi FIRECEK untuk Memudahkan Cara Inspeksi APAR

Di era digital ini kita sangat dimudahkan oleh teknologi yang banyak dikembangkan. Salah satunya, kita bisa merasakan batuan teknologi di bidang inspeksi APAR. Aplikasi FIRECEK di sini berperan sebagai pemberi informasi tentang APAR yang akan diinspeksi.

Cara Inspeksi APAR dengan Aplikasi

Langkah pertama dalam inspeksi APAR adalah dengan mengetahui informasi tentang APAR dari inspeksi sebelumnya. Pada langkah terakhir inspeski APAR, Anda juga perlu melakukan update informasi mengenai inspeksi yang baru saja dilakukan. Nah, di sini FIRECEK akan membantu Anda melakukan pekerjaan tersebut.

 

Cara Inspeksi APAR dan Tahapannya

Di bagian ini akan dibagikan langkah-langkah inspeksi APAR secara mendetail.

  1. Pertama-tama Anda harus memeriksa kartu check list atau label pada tabung APAR untuk mengetahui informasi tentang APAR tersebut. Namun, jika Anda sudah memasang aplikasi FIRECEK, Anda bisa mendapatkan informasi tentang APAR tersebut via aplikasi ini.
  2. Selanjutnya periksa tekanan pada tabung APAR. Jika masih menggunakan pressure gauge pemeriksaan tekanan dilakukan dengan melihat jarum pada manometer. Jika jarum masih pada area hijau, berarti tekanan masih aman. Namun jika jarum menjauh dari area hijau segera lakukan pengisian tekanan.
  3. Untuk tabung APAR yang menggunakan sistem stored pressure, Anda bisa mengecek tekanan dengan melihat segel pada cartridge-nya. Jika segel pada cartridge masih utuh, berarti tekanan pada tabung masih aman.
  4. Langkah berikutnya adalah memeriksa safety pin. Jika safety pin dalam keadaan terputus, maka APAR tersebut pernah digunakan dan perlu diisi ulang. Setelah diisi ulang, tabung APAR juga harus melewati tes kebocoran.
  5. Komponen yang harus diperiksa selanjutnya adalah valve. Pada komponen vavle periksalah kekuatan katupnya, masih kuat atau sudah berkurang kemampuannya. Jika sudah mulai berkurang, sebaiknya dilakukan pengantian pada komponen tersebut.
  6. Langkah berikutnya adalah memeriksa salah satu komponen output yang ada pada APAR yaitu selang atau hose. Selang atau hose tidak boleh berlubang, terlipat maupun retak-retak. Jika kondisi tersebut ditemukan saat inspeksi, maka selang harus segara diganti.
  7. Setelah selang dipastikan aman, komponen output berikutnya yang harus dicek adalah nozzle. Nozzle adalah komponen di ujung selang yang berfungsi menyalurkan media keluar dari tabung. Jadi sangat penting untuk memastikan nozzle tersebut tidak dalam keadan tersumbat.
  8. Saat semua langkah di atas sudah dilakukan dan semua dalam kondisi aman, selanjutnya kartu check list harus di-upadate dengan informasi sesuai inspeksi yang baru saja dilakukan. Langkah ini juga bisa dibantu dengan aplikasi FIRECEK yang akan memudahkan rekam jejak APAR tersebut.
  9. Setelah itu kembalikan APAR ke tempat semula. Pastikan tempat tersebut aman dan mudah dijangkau.

Cara Inspeksi APAR dan Tahapannya

Dengan mengetahui langkah-langkah di atas, kami harap Anda dapat merawat APAR milik Anda dengan tepat. Ditambah lagi Anda juga bisa menggunakan aplikasi FIRECEK yang akan memudahkan Anda dalam melakukan langkah-langkah dalam inspeksi APAR.

Leave a Comment

0