Pelajari Cara Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan di Sini!

Cara isi ulang alat pemadam api ringan mungkin masih belum banyak diketahui oleh khalayak luas. Padahal langkah-langkah dalam melakukan isi ulang alat pemadam api ringan sangatlah penting. Jika langkah-langkah tersebut tidak diikuti dengan baik, maka akan berdampak negatif pada alat pemadam api ringan tersebut.

 

Cara Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan, Pengosongan Tabung

Dalam proses melakukan isi ulang APAR ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu, sebelum memasukkan media baru ke dalam APAR. Pertama-tama Anda harus membersihkan sisa-sisa media pemadam api yang ada di dalam tabung APAR. Pastikan tidak ada media pemadam api yang tersisa di dalam tabung APAR.

Cara Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan Proses Pengosongan Tabung APAR

Setelah melakukan pengosongan dan pembersihan tabung APAR, segera cek komponen seal pada APAR, baik seal head dan seal spindle. Cek kondisi kedua komponen APAR ini. Pastikan kondisinya baik, jika sudah rusak segera ganti dan lakukan servis APAR. Setelah kedua langkah tersebut dilakukan, barulah bisa melakukan refill APAR.

 

Cara Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan Baik Media dan Tekanannya

Setelah membersihkan sisa-sisa media di dalam tabung dan memeriksa komponen APAR, Anda baru bisa melanjutkan ke tahap pengisian APAR. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pengisian APAR:

  • Isi APAR sesuai medianya, contoh isi APAR powder dengan media powder. Jangan isi APAR powder dengan media lain, contohnya foam atau CO2.
  • Isi APAR sesuai dengan kapasitas tabungnya. Jangan sampai mengisi APAR secara berlebihan dan juga jangan sampai kurang. Karena, hal ini akan sangat berpengaruh pada penggunaan APAR.

Setelah APAR selesai diisi ulang medianya, lakukan penimbangan untuk mengetahui berat total APAR. Berat total APAR didapatkan dari penjumlahan berat media dan juga berat tabung APAR.

Cara Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan Mengisi Tekanan Sesuai Standar

Setelah semua proses selesai, head APAR akan ditutup. Selanjutnya, akan dilakukan pengisian tekanan. Dalam melakukan pengisian tekanan harus dilakukan sesuai standar yaitu 13-15 bar, agar APAR yang baru saja di-refill bisa digunakan dengan maksimal.

Cara Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan Menggunakan FIRECEK

Setelah semua proses selesai, kembalikan APAR ke tempat semula. Jangan lupa juga untuk melakukan inspeksi secara berkala dengan bantuan FIRECEK.

Leave a Comment

0