Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan Bisa Dipelajari di Sini!

Cara kerja alat pemadam api ringan (APAR) harus dipahami oleh para pemilik dan pengguna APAR. Cara kerja dari alat pemadam api ringan ini erat kaitanya dengan teori segitiga api. Lalu, bagaimana hubungan cara kerja alat pemadam api ringan dan teori segitiga api dalam memadamkan kebakaran? Yuk kita kupas bersama di artikel kali ini!

 

Kaitan Segitiga Api dan Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan

Seperti yang sama-sama sudah kita ketahui dalam teori segitiga api, munculnya api dipengaruhi oleh reaksi beberapa elemen. Api akan muncul jika ada reaksi antara tiga elemen yaitu oksigen, panas dan juga bahan bakar. Lalu, apa kaitan antara segitiga api dan cara kerja APAR? Mari kita simak!

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan dan Kaitannya dengan Segitiga Api

Alat pemadam api ringan atau APAR bertugas untuk menghilangkan salah satu elemen yang ada dalam segitiga api. Jika salah satu elemen dalam segitiga api hilang, maka rantai reaksi yang menghasilkan api akan terputus dan api secara otomatis akan padam.

Nah, di sini media pemadam api yang ada di dalam APAR berperan penting dalam menghilangkan salah satu elemen dalam segitiga api. Masing-masing media pemadam api tentu berbeda caranya dalam memutus rantai reaksi segitiga api.

 

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan dalam Menghilangkan Elemen Segitiga Api

Media pemadam api ada banyak sekali macamnya, mulai dari CO2, powder sampai ke foam. Setiap media APAR memiliki cara masing-masing dalam memadamkan api dan memutus rantai reaksi pada segitiga api.

Misalnya, media pemadam api yang mengandung air bekerja dengan cara melakukan pendinginan pada titik api. Salah satu elemen dalam segitiga api yaitu panas akan hilang setelah terkena media foam, karena mengalami pendinginan. Secara otomatis rantai reaksi segitiga api terputus dan api akan padam.

Lalu, media CO2 bekerja dengan memutus kontak antara oksigen dan dua elemen lainnya. CO2 dianggap memiliki berat massa lebih berat dari udara, sehingga oksigen tidak bisa bereaksi dengan sumber api lagi, setelah CO2 diaplikasikan.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan Saat Digunakan

Sedangkan media powder bekerja hampir sama dengan CO2 yaitu memutus reaksi oksigen dengan kedua elemen lain. Bedanya, powder bekerja dengan cara menutupi permukaan api dengan serbuk kimia. Sehingga oksigen tidak bisa bereaksi dengan elemen lainnya dan api bisa padam.

Dengan pentingnya informasi tentang cara kerja APAR, diharapkan para pengguna APAR bisa memahami informasi pada artikel ini. Supaya para pengguna APAR bisa memaksimalkan penggunaan APAR di kemudian hari.

Leave a Comment

0