Dapatkan Tips Cara Membersihkan Residu APAR Powder

APAR powder sangat mudah untuk ditemui di berbagai bangunan, baik bangunan umum dan pribadi. Medianya yang cukup ekonomis membuat APAR ini banyak diminati. Namun, meski ekonomis, media powder meninggalkan residu, maka dari itu mengetahui cara membersihkan residu APAR powder sangatlah penting.

Ditambah lagi sifat dari media APAR ini yang menyebakan korosif akan sangat berbahaya bagi aset Anda jika tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, pada post kali ini akan dibagikan info tentang media yang tersusun dari zat kimia monoammonium fosfatnatrium bikarbonat dan kalium bikarbonat ini.

 

Bagaimana Cara Membersihkan Residu APAR Powder

Segera setelah api bisa dipadamkan, Anda harus bergegas untuk mulai membersihkan residu yang disebabkan APAR powder. Namun, sebelum itu Anda perlu menyiapkan barang-barang seperti isopropil alkohol, soda kue, cuka dan pasta, untuk membantu Anda membersihkan residu dari media pemadam api ini.

Pertama-tama campur air hangat dengan isopropil alkohol dengan perbandingan 1:1, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu semprotkan larutan ini pada daerah yang terkena residu APAR powder. Setelah semua terkena cairan ini, bersihkan menggunakan kain basah.

Cara Membersihkan Residu APAR Powder Begini Caranya

Untuk membersihkan zat khusus seperti monoammonium fosfat, gunakan campuran dari soda kue dan pasta gigi. Aplikasikan bahan campuran tersebut pada area yang terkena APAR powder tersebut, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu bersihkan menggunakan lap basah.

Lalu, powder natrium bikarbonat dan kalium bikarbonat bisa dibersihkan dengan menggunakan cuka (2%) dan air hangat (98%). Setelah larutan tersebut diaplikasikan pada area yang terpapar powder, bersihkan dengan menggunakan kain basah.

 

Tips Tambahan Cara Membersihkan Residu APAR Powder

Setelah melakukan pembersihan pada residu APAR powder, sebaiknya Anda menggunakan kipas angin untuk mengeringkan bagian-bagian yang sudah dibersihkan. Kipas angin juga akan membuat residu-residu tersebut tertiup angin.

Jika pemadaman api yang menggunakan media powder dilakukan di dapur, dianjurkan untuk membersihkan semua peralatan makan yang ada pada dapur tersebut. Sama halnya jika powder mengenai pakaian, sangat disarankan untuk segera mencuci pakaian tersebut.

Cara Membersihkan Residu APAR Powder dan Tips Tambahannya

Tips yang terakhir adalah melakukan inspeksi dan isi ulang APAR setelah APAR digunakan. Jangan lupa juga untuk memperbarui kartu APAR yang bisa dibantu dengan aplikasi FIRECEK.

Leave a Comment

0