Checklist Pompa Hydrant Terlengkap dengan Aplikasi

Checklist Pompa Hydrant

Sebagai pemilik fire hydrant, kita tidak bisa abai jika fire hyrant harus dirawat atau maintenance supaya performanya tetap maksimal dari hari ke hari dan tentunya selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan untuk memadamkan api.

Banyak komponen dalam sistem fire hydrant seperti hydrant pillar, nozzle, valve, fire hose atau selang, siamese connection, dan tentunya pompa hydrant yang harus dipastikan performanya. Jika ada satu komponen hydrant yang tidak bekerja maka tak ayal dapat menimbulkan sistem fire hydrant tidak dapat bekerja.

Penting! Cara Checklist Pompa Hydrant yang Harus Kamu Tahu

Banyak komponen hydrant yang perlu dicek, namun yang pertama harus dipastikan adalah komponen pompa hydrant atau fire pump. Komponen ini yang akan menyalurkan air bertekanan dari groundtank untuk memadamkan api.

Checklist Pompa Hydrant Anti Bocor

Cara cek pompa hydrant adalah sebagai berikut:

  • Cek keselarasan tiap kopling yang ada pada sistem perpipaan
  • Periksa katup bantuan sirkulasi, pastikan dalam kondisi baik. Katup ini berfungsi mencegah pompa hydrant overheating saat bekerja.
  • Selanjutnya, lakukan tes dari tamper dan aliran switch
  • Dan yang terakhir, cek tamper dan aliran switch.

Note: Lakukan pengetesan fire pump atau pompa hydrant paling tidak seminggu sekali dengan mengaktifkannya selama ± 10 menit.

Aplikasi Pengecekan Hydrant Pertama di Indonesia

Nah, karena pentingnya pengecekan hydrant terutama aktifitas pompa hydrant maka dari itu, kami memberikan terobosan baru berupa aplikasi pengecekan hydrant bernama Welmo. Aplikasi ini bekerja dengan sensor dan dapat dipantau melalui smartphone secara real time dan di mana saja.

Jadi, jika ada pompa hydrant yang aktif maka akan muncul notifikasi pada smartphone milikmu. Jika pompa tersebut aktif tanpa dikehendaki maka kamu dapat segera menonaktifkannya untuk mencegah hal-hal seperti error atau overheating pada instalasi.

Checklist Pompa Hydrant Welmo

Selain itu, jika ada kebocoran pada tempat penyimpanan air hydrant (groundtank) atau level air untuk supply hydrant menurun juga akan muncul notifikasi pada aplikasi Welmo. Jadi semakin mudah bukan melakukan pengecekan hydrant? Yuk buruan coba aplikasi Welmo di sini!

Cek juga video cara kerja aplikasi Welmo di sini.

checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant

Leave a Comment

0