Desain Gedung Parkir Untuk Mobil Listrik Menurut NFPA

Di era modern ini, membahas tentang desain gedung parkir untuk mobil listrik menjadi suatu hal yang penting. Karena jika kita lihat laporan dari nfpa.org, penjualan kendaraan listrik/electric vehicles (EVs) di seluruh dunia telah bergerak cepat. Bahkan di tahun 2021 saja angka penjualannya sudah mencapai 6,6 juta kendaraan.

Kemudian jika kita lihat dari angka penjualan di Indonesia yang dikutip dari Liputan 6, juga mengalami lonjakan yang drastis pada tahun 2022 jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2021. Untuk penjualan mobil listrik di tahun 2021 hanya sebesar 1000 unit dan pada tahun 2022 naik mencapai 6000 unit.

Hal ini mungkin menjadi kabar baik bagi kemajuan bangsa kita, tapi ini juga akan membawa tantangan kebakaran yang cukup unik bagi siapa saja, termasuk perancang proteksi kebakaran.

kebakaran mobil listrik di area parkir

Seperti Apa Penyebab dan Proses Terjadinya Kebakaran Pada Mobil Listrik?

Mobil listrik memiliki sumber daya yang berbeda dengan kendaraan pembakaran internal. Karena untuk mobil listrik ini mengandalkan penampungan energi pada baterai lithium-ion.

kasus kebakaran mobil listrik

Tidak dapat dipungkiri, bisa juga terjadi kerusakan dan kegagalan pada jenis baterai tersebut yang berpotensi menyebabkan kebakaran. Di mana kerusakan tersebut dapat menyebabkan timbul suhu panas, munculnya oksigen, serta gas yang mudah terbakar dan beracun.

Selanjutnya, api akan terus menyebar ke sel-sel yang berdekatan dan membuatnya menyebar dengan cepat hingga timbul ledakan. Anda bisa menonton video dibawah ini agar melihat proses terjadinya ledakan pada mobil listrik.

Melalui video di atas, kebakaran mobil listrik tidak hanya terjadi di jalanan saja. Namun, kebakaran mobil listrik juga pernah terjadi di area parkir umum. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar, karena seperti yang kita tahu bahwa di tempat parkir umum tidak hanya ada mobil milik kita saja.

Dapat dibuktikan dengan kasus kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Echo Arena Liverpool (Inggris) dan di Bandara Stavanger (Norwegia). Melihat kasus tersebut, tentu kita sudah harus mulai melirik betapa pentingnya memiliki desain struktur gedung parkir kendaraan listrik yang baik.

desain tempat parkir untuk kendaraan listrik

Desain Gedung Parkir untuk Mobil Listrik yang Terstruktur Menjadi Sangat Penting

Gedung parkir merupakan jenis hunian yang unik, karena bangunan ini dapat ditemukan di bawah tanah maupun di atas permukaan tanah. Namun, area parkir mobil ini biasanya terletak di daerah perkotaan yang padat.

Ada beberapa jenis teknologi yang mungkin sudah terintegrasi ke dalam desain gedung parkir untuk mobil listrik dan ICE. Seperti contohnya adalah sistem penata mobil atau sistem parkir otomatis yang menyimpan dan mengambil kendaraan tanpa pengemudi.

tempat parkir mobil canggih dan otomatis

Jenis teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi ruang yang digunakan, tetapi juga meningkatkan potensi bahaya dengan menempatkan kendaraan satu dengan yang lainnya terlalu dekat.

Apalagi untuk sekarang ini, sudah mulai banyak pengenalan dan penjualan mobil listrik dan stasiun pengisian mobil listrik. Hal tersebut tentunya akan menambah lebih banyak pertimbangan yang perlu dibuat ketika merancang dan melindungi gedung parkir untuk mobil listrik dan jenis mobil modern lainnya.

Standar NFPA Tentang Desain Gedung Parkir Untuk Mobil Listrik

Sebagai organisasi yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar keamanan untuk berbagai industri, NFPA (National Fire Protection Association) juga memiliki standar khusus terkait dengan desain gedung parkir untuk kendaraan listrik.

desain parkir mobil listrik

Standar yang ditetapkan oleh NFPA dikenal sebagai NFPA 70: National Electrical Code (NEC),  NFPA 76: Standard for the Fire Protection of Telecommunications Facilities, dan NFPA 88A: Standar untuk Struktur Parkir Kendaraan Listrik.

Kode standar NFPA No 70 dan NFPA 76 memberikan panduan dan standar yang harus diikuti dalam perencanaan, perancangan, pemasangan, dan pemeliharaan struktur parkir kendaraan listrik. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan bagi pemilik kendaraan maupun petugas.

Kemudian untuk Standar utama lainnya yang membahas kendaraan listrik dalam gedung parkir adalah kode NFPA 88A. Pada kode NFPA 88A membutuhkan stasiun pengisian daya dan peralatan untuk dicantumkan, tetapi memberikan rincian lebih lanjut ke dalam standar yang berlaku.

Berikut ini merupakan daftar yang harus dipenuhi:

  • Stasiun pengisian mobil listrik perlu dicantumkan ke UL 2202, Standar untuk Peralatan Sistem Pengisian Kendaraan Listrik (Electron Volt).
  • Peralatan pengisian mobil listrik perlu dicantumkan ke UL 2594, Standar untuk Peralatan Pasokan Kendaraan Listrik.
  • Peralatan transfer daya nirkabel perlu dicantumkan ke UL 2750, UL LLC Garis Besar Investigasi untuk Peralatan Transfer Daya Nirkabel untuk Kendaraan Listrik.

Lalu, Seperti Apa Desain Gedung Parkir Untuk Mobil Listrik yang Harus Diterapkan?

Desain gedung parkir mobil listrik harus diperhitungkan beberapa faktor penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, mulai dari fasilitas area parkir, komponen yang harus dipasang, hingga sistem proteksi kebakaran.

gedung parkir untuk mobil listrik seperti apa

Komponen Utama Dalam Desain Bangunan Gedung Parkir Untuk Mobil Listrik

Dalam struktur pembangunan gedung parkir untuk berbagai macam kendaraan listrik, pengelola harus memperhatikan beberapa aspek dan komponen utama, diantaranya:

  1. Stasiun pengisian baterai: tempat untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik.
  2. Stasiun controller: mengontrol sistem pengisian baterai dan mengirimkan data ke sistem manajemen parkir.
  3. Sistem manajemen parkir: mengontrol jumlah kendaraan yang terparkir, mengatur tiket masuk dan keluar, dan mengelola laporan.
  4. User interface: perangkat untuk mengakses sistem manajemen parkir, seperti posko pembayaran atau aplikasi smartphone.
  5. Sistem komunikasi: mengirimkan data antara komponen-komponen di dalam struktur parkir, seperti status pengisian baterai dan jumlah kendaraan yang terparkir.
  6. Sistem keamanan umum: komponen yang digunakan untuk menjaga keamanan parkir seperti CCTV, pengamanan fisik, dll

Semua komponen di atas akan selalu bekerja sama untuk menyediakan fasilitas parkir yang nyaman dan efisien bagi pengguna mobil listrik. Jadi, pastikan untuk melengkapi apa saja yang diperlukan dalam upaya pembangunan area parkir mobil listrik, baik indoor maupun outdoor.

Jangan Lupakan Sistem Proteksi Kebakaran Untuk Gedung Parkir Mobil Listrik!

Saat ini, semua area parkir kendaraan listrik maupun kendaraan ICE harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran. NFPA mengatakan, setiap gedung parkir harus memiliki sistem sprinkler, baik untuk area tertutup maupun terbuka.

struktur desain gedung parkir untuk mobil listrik

Selain itu, dalam melengkapi sistem proteksi kebakaran gedung parkir untuk mobil listrik harus memperhitungkan beberapa faktor penting, seperti:

  1. Detektor api: Sistem pendeteksi api harus ditempatkan di seluruh area gedung parkir untuk mendeteksi adanya api secepat mungkin. Ini dapat meliputi peralatan seperti sensor asap, sensor panas, atau kamera thermal.
  2. Alarm kebakaran: Fire alarm system harus dapat diterima dengan jelas di seluruh area gedung parkir dan di luar gedung agar dapat segera diterima oleh pengunjung dan petugas.
  3. Sistem pemadam api: Sistem pemadam api harus dapat dengan cepat dan efektif menghentikan perkembangan api. Ini dapat meliputi peralatan seperti sprinkler, sistem pemadam api CO2, atau sistem pemadam api foam.
  4. Rute evakuasi: Rute evakuasi harus jelas dan mudah diikuti oleh pengunjung gedung parkir. Petunjuk evakuasi juga harus ditempatkan di seluruh area gedung parkir tanpa terkecuali.
  5. Pencahayaan evakuasi: Pencahayaan evakuasi harus dapat menyala secara otomatis pada saat terjadi kebakaran untuk membantu pengunjung menemukan jalur evakuasi.
  6. Latihan evakuasi: Petugas gedung parkir harus dilatih untuk menangani situasi kebakaran dan mengevakuasi pengunjung dengan aman.
  7. Pemeliharaan rutin: Semua peralatan dan sistem proteksi kebakaran harus diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Dengan lengkapnya sistem proteksi kebakaran pada desain gedung parkir untuk mobil listrik, tentu akan menambah keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung. Beberapa hal diatas harus benar-benar diperhatikan, ya!

Karena jika Anda juga sadar, bahwa di Indonesia sendiri belum semua gedung-gedung parkir menerapkan standar di atas. Maka, mulai dari sekarang kita harus segera membenahi apa yang menjadi kekurangan pada sistem proteksi kebakaran di gedung parkir yang Anda kelola.

Kesimpulan

Teknologi akan terus berkembang dari waktu ke waktu, begitu juga kode standar NFPA. Ditambah lagi dengan kehadiran jenis baterai lithium-ion yang akan terus berkembang.

Hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk mengubah karakteristik kebakaran di lingkungan sekitar kita.

Jadi, kepada siapapun yang memiliki kewajiban untuk melindungi suatu bangunan dari kebakaran atau sebagai profesional proteksi kebakaran, harus dapat mengikuti setiap perubahan yang ada guna memastikan keselamatan orang dan properti.

Baca Juga:

Itulah penjelasan lengkap mengenai struktur dan desain parkir untuk mobil listrik. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, bisa tuliskan komentar di bawah.

Atau jika Anda ingin melakukan konsultasi terkait fire protection, bisa melakukan konsultasi kepada vendor resmi kami, yaitu PT Bromindo Mekar Mitra. Hubungi Bromindo sekarang untuk melakukan konsultasi.

Ingat! Mencegah kebakaran adalah lebih baik daripada memadamkannya dan keselamatan datang dari pencegahan, bukan dari pemadaman.

Source: Nfpa.org - EVs and Parking Structures

Leave a Comment

0