Teknologi Terbaru! Drone untuk Pemadam Kebakaran

Tahukah kamu bahwa drone untuk pemadam kebakaran kini telah hadir sebagai inovasi terbaru dalam sistem pemadam api. Penggunaan drone ini memiliki banyak sekali keunggulan, terutama dalam hal peningkatan keselamatan serta efektivitas pemadaman kebakaran.

Meskipun sudah menjadi inovasi terbaru dalam sistem proteksi kebakaran, tapi masih belum banyak yang mengetahui secara detail akan penggunaan drone pada pemadam kebakaran ini. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Drone untuk Pemadam Kebakaran?

Drone untuk pemadam kebakaran fire fighting drone Drone pemadam kebakaran merupakan jenis drone yang memiliki rancangan khusus untuk membantu petugas pemadam kebakaran dalam menangani situasi darurat kebakaran. Penggunaan drone ini tidak terlepas dari sebuah peristiwa memilukan yang terjadi pada tahun 2016 di Oakland California.

Dalam kebakaran tersebut telah merenggut nyawa sebanyak 36 orang, peristiwa tersebut merupakan salah satu yang paling mematikan sepanjang sejarah di Oakland California. Selain itu, penggunaan drone untuk pemadam kebakaran juga tidak terlepas dari banyaknya peristiwa kebakaran yang setiap tahun mengalami peningkatan.

Berdasarkan data National Fire Protection Association (NFPA) terdapat 3,7 juta peristiwa kebakaran dalam kurun waktu tahun 2022. Kebakaran-kebakaran tersebut telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 3.700 orang dan kerusakan properti senilai $15,5 miliar.

Sejak saat itulah penggunaan drone mulai muncul sebagai alat yang mampu mengubah situasi yang buruk tersebut. Masuknya drone yang telah dirancang khusus untuk pemadaman kebakaran ini mampu menciptakan banyak keajaiban yang tak terduga.

Pasalnya, drone khusus untuk memadamkan api ini telah menggunakan teknologi canggih, sehingga mampu meningkatkan kesadaran situasional. Selain itu, drone khusus ini juga mampu meningkatkan tingkat keselamatan serta sistem pemadaman yang optimal dan efisien.

Bagaimana Drone Digunakan dalam Pemadaman Kebakaran?

Kendaraan udara tak berawak uav communication relay system workflowDrone memang kini sudah menjadi inovasi terbaru dalam sistem proteksi kebakaran. Pasalnya, dengan adanya drone untuk pemadam kebakaran ini mampu meningkatkan efisiensi operasional dan juga meningkatkan keselamatan. Berikut ini beberapa penggunaan drone dalam fire fighting system!

1. Pengawasan Udara

Pengaplikasian pertama drone dalam sistem kebakaran terkini adalah untuk operasi pengawasan jalur udara dan memberikan pengetahuan penting bagi petugas. Dengan adanya data real time dari drone khusus pni nantinya memungkinkan adanya penilaian yang akurat mengenai infografis lokasi kebakaran.

Kamera pada drone pemadam kebakaran biasanya memiliki resolusi yang tinggi, sehingga sangat membantu petugas dalam mengambil keputusan penting. Terutama, keputusan mengenai alokasi sumber daya, strategi pemadaman serta evakuasinya.

2. Operasi Pencarian dan Penyelamatan

Selanjutnya, pengaplikasian drone untuk pemadam kebakaran selain pengawasan jalur udara adalah untuk operasi pencarian dan penyelamatan. Teknologi ini tentu saja memberikan banyak manfaat, terutama saat kondisi jarak pandang mengalami keterbatasan akibat asap.

Dengan penggunaan drone ini tentu saja akan memberikan kemudahan bagi tim evakuasi untuk menemukan dan menyelamatkan korban. Selain itu, dengan penggunaan drone ini juga mampu meningkatkan efektivitas dan keamanan operasi pencarian dan penyelamatan.

3. Komunikasi dan Koordinasi Darurat

Selain operasi pencarian dan penyelamatan, drone ini juga seringkali petugas gunakan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi. Terutama, di lokasi terpencil yang infrastruktur komunikasinya mengalami kerusakan akibat kebakaran.

Drone untuk memadamkan api ini biasanya memiliki perangkat yang memungkinkan bertindak sebagai titik penghubung. Kemampuan itulah yang membuat komunikasi serta arus informasi antar tim dapat berjalan lancar.

4. Penilaian dan Pemulihan Pasca Kebakaran

Terakhir, penggunaan drone untuk memadamkan kebakaran adalah untuk penilaian dan pemulihan setelah kejadian. Dron nantinya akan menangkap citra udara dan melakukan survei terhadap daerah yang terdampak kebakaran serta mendokumentasikannya secara visual.

Dokumentasi visual tersebut memiliki resolusi yang tinggi dan model 3D, sehingga dapat membantu petugas dalam menilai tingkat kerusakan. Informasi ini tentu saja sangat berharga, terutama untuk klaim asuransi, perencanaan proses pemulihan serta investigasi setelah kebakaran.

Keunggulan Penggunaan Drone Pemadam Kebakaran

drone pemadam kebakaran Kendaraan udara tak berawak Kendaraan udara tak berawak (UAV) atau lebih familiar dengan istilah drone ini menawarkan banyak sekali keunggulan, terutama untuk meningkatkan keselamatan efektivitas pemadaman serta efisiensi. Mau tahu apa saja keunggulan penggunaan drone ini? Berikut penjelasan lengkapnya!

  • Peningkatan efektivitas serta efisiensi, drone untuk pemadam kebakaran ini mampu melewati rintangan serta mencapai ketinggian yang tidak dapat diakses oleh petugas. Sehingga, dengan adanya drone ini nantinya akan memudahkan petugas dalam mengambil keputusan berdasarkan data dari drone tersebut.
  • Hemat biaya dan efisien, dengan penggunanan drone sebagai alat pemadam kebakaran ini nantinya dapat meminimalisir pengeluaran anggaran. Karena, personil yang dibutuhkan untuk pemadamanan tidak begitu banyak serta menghilangkan kebutuhan tenaga tambahan saat beroperasi di malam hari.
  • Peningkatan keamanan bagi para petugas , dengan adanya drone seluruh informasi penting sebelum petugas memasuki lokasi kebakaran. Dengan telah dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi serta teknologi pencitraan termal mampu menyediakan rekaman udara secara real time.

7 Jenis Drone untuk Pemadam Kebakaran

drone fire fighting harga drone pemadam kebakaranPenggunaan drone dalam sistem proteksi kebakaran memang kini bukan menjadi hal asing. Pasalnya, saat ini drone memiliki peran yang cukup vital dalam respons darurat kebakaran. Selain itu, drone khusu ini juga memiliki kemampuan pemantauan real time dari udara, sehingga bisa membantu petugas dalam penanganan dan evakuasi korban.

Lalu, ada berapa jenis drone yang berfungsi sebagai alat bantu petugas saat kondisi darurat kebakara Tanpa berlama-lama simak saja penjelasan lengkap berikut ini ya!

1. Drone untuk Pemadam Kebakaran Jenis Pengintaian

Drone pemadam kebakaran jenis ini memiliki fungsi utama sebagai pemantau atau pengintai ketika dalam kondisi darurat. Jenis drone ini biasanya memiliki kamera video dan sensor termal untuk mendeteksi suhu tinggi di daerah kebakaran. Kamera termal ini juga dapat mendeteksi manusia atau hewan di daerah yang sulit terjangkau.

2. Drone Penyemprot Air

Jenis drone untuk memadamkan api berikutnya adalah drone yang berfungsi untuk menyemprotkan air atau zat kimia lain sebagai media pemadamnya. Drone jenis ini tidak begitu banyak digunakan, karena kapasitas muatan yang terlalu banyak.

3. Drone Pemetaan

Selanjutnya, jenis drone untuk membantu para petugas adalah jenis pemetaan. Jenis drone untuk pemadam kebakaran ini memiliki fungsi utama untuk membuat peta 3D dari daerah yang rawan. Informasi ini tentu saja sangat berguna untuk tim pemadaman kebakaran dan penyelamat dalam merencanakan strategi dan jalur evakuasi.

4. Drone Komunikasi

Drone jenis komunikasi ini merupakan salah satu jenis drone yang memiliki fungsi membantu petugas dalam berkomunikasi. Pasalnya, tidak semua daerah yang tengah terjadi kebakaran biasanya komunikasi seluler atau radio terganggu. Nah, denganĀ  drone ini nantinya dapat dipastikan komunikasi tetap berjalan.

5. Drone Pengiriman

Dron untuk pemadam kebakaran jenis ini merupakan alat yang memiliki fungsi penting dalam situasi darurat kebakaran. Jenis drone pengiriman dapat digunakan untuk mengirimkan peralatan, obat-obatan, atau persediaan lainnya ke daerah yang sulit terjangkau.

6. Drone untuk Pemadam Kebakaran Jenis Taktis

Jenis drone taktis ini biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada drone pemantauan. Drone khusu untuk memadamkan kobaran api ini seringkali digunakan untuk misi pencarian dan penyelamatan di daerah yang sulit terjangkau atau berbahaya.

7. Drone Penyelamatan

Terakhir, jenis drone untuk memadamkan api yang harus kamu ketahui adalah jenis penyelamat. Sesuai dengan namanya, jenis drone ini memiliki fungsi sebagai mengangkut korban kebakaran, meskipun kapasitas angkutnya masih terbatas.

Itulah penjelasan lengkap tentang drone untuk pemadam kebakaran, mulai dari pengertian, keunggulan serta jenis-jenisnya. Dengan adanya informasi ini tentunya dapat kamu jadikan pengetahuan tambahan dalam inovasi sistem proteksi kebakaran terkini.

Leave a Comment

0