Fire Sprinkler Untuk Ruang Mesin dan Poros Lift? Perlukah?

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

Lift, sebuah sarana yang memudahkan kita untuk naik dan turun ke satu lantai ke lantai lainnya. Sarana ini mudah ditemukan di hampir semua bangunan baru yang lebih besar dan lebih dari satu lantai.

Adanya lift memang memudahkan kita untuk mobilitas dari lantai ke lantai, tapi tahukah bahwa risiko kebakaran yang terjadi pada lift juga besar? Kali ini kita akan membahas Bagaimana mengatasi hal tersebut.

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

Fire Sprinkler Untuk Ruang Mesin dan Lift Yang Perlu Anda Ketahui

NFPA 13, Mengenai Standar untuk Instalasi Sistem Sprinkler didasarkan pada prinsip umum bahwa sprinkler harus dipasang di seluruh bangunan. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan maksimal dan mengurangi risiko kebakaran termasuk pada Lift.

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

Hal ini karena lift memiliki bagian-bagian yang rawan menjadi pemicu atau penyebab terjadinya kebakaran. Seperti pada ruang mesin lift, maupun shaft atau lorong lift.

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

Pemasangan fire sprinkler pada lift juga tidak sembarangan, melainkan kita melihat dari jenis lift yang akan kita instalasi, Gambar di bawah menunjukkan elevator hidrolik dan elevator traksi dan menunjukkan lokasi yang berbeda di mana kebutuhan akan Fire sprinkler juga berbeda.

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

fire sprinkler untuk ruang mesin dan lift

Posistioning Fire Sprinkler Untuk Ruang Mesin dan Lift

  • Lubang Lift

    Pemasangan fire sprinkler sidewall harus dipasang di bagian bawah setiap jalur kerek elevator setinggi maksimum 2 kaki (600 mm) di atas lantai lubang.Ini berarti bahwa sebagian besar elevator tipe hidraulik akan memerlukannya.

    Sedangkan elevator tipe traksi membutuhkannya hanya jika konstruksi poros terbuat dari bahan yang mudah terbakar atau bahan yang mudah terbakar terbatas.

  • Bagian atas poros

    Penyiram diizinkan untuk dihilangkan dari bagian atas poros di mana hoistway tidak mudah terbakar atau mudah terbakar. Bahan penutup lift harus memenuhi persyaratan ASME A17.1.

    Kode Keselamatan untuk Elevator dan Eskalator.Setiap poros yang tidak memenuhi persyaratan tersebut harus memiliki sprinkler semprot tegak lurus, tergantung, atau sidewall yang dipasang di bagian atas.

  • Ruang Mesin Lift, Ruang Mesin, Ruang Kontrol, Ruang Kontrol.

    Ruang mesin untuk elevator tipe hidrolik harus dilengkapi dengan perlindungan Fire sprinkler. Untuk elevator tipe traksi jika memenuhi syarat, boleh tidak memasang fire sprinkler.

    Persyaratan tersebut sesuai dengan NFPA 101®, Life Safety Code® atau kode bangunan yang berlaku serta ruang yang didedikasikan untuk peralatan elevator saja, perlindungan dengan detektor asap atau deteksi kebakaran otomatis lainnya.

Lakukan Konsultasi dan Pengujian Fire Spinkler

Penting juga untuk dicatat bahwa pembahasan di atas adalah untuk bangunan yang memerlukan perlindungan sprinkler per NFPA 13. Jika kode bangunan tidak memenuhi perlindungan sprinkler berdasarkan hunian, jenis konstruksi, ukuran, atau ketinggian maka lift juga tidak diharuskan terlindung.

Oleh sebab itu, pemasangan fire sprinkler sangat penting untuk perlindungan maksimal lift atau elevator yang kita miliki.

Untuk itu, sebelum melakukan pemasangan Fire sprinkler ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada konsultan fire system protection terbaik. Perlu diperhatikan juga, bahwa setelah melakukan pemasangan, kita juga perlu melakukan pengujian pada fire sprinkler yang sesuai dengan NFPA.

Leave a Comment

0