Jenis Alat Pemadam Api, Masih Belum Tahu? Yuk Cek di Sini!

Jenis alat pemadam api sangat banyak macamnya di pasaran. Alat pemadam api biasanya dibedakan dari jenis media pemadam apinya dan juga sistem tekanannya. Mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis APAR? Yuk simak info menariknya di bawah ini!

Jenis Alat Pemadam Api Berdasar Media Pemadamnya

Ada banyak jenis media APAR yang tersedia, namun di Indonesia lazimnya hanya ada tiga media pemadam api yang digunakan yaitu powder, foam dan CO2. Mau tahu info menarik seputar masing-masing media pemadam api tersebut? Silakan cek poin-poin di bawah ini:

Jenis Alat Pemadam Api Berdasar Media Pemadam Apinya

  • Powder

Media powder adalah media yang berbentuk serbuk kering yang digunakan untuk memadamkan api. Media pemadam api ini cukup luas penggunaannya. Media powder dapat digunakan pada kelas kebakaran A, B dan C, maka media ini juga sering disebut sebagai media ABC powder.

  • Foam

Foam adalah media pemadam api gabungan antara air dan biang busa yang digunakan untuk memadamkan api pada kelas kebakaran B dan C. Alat pemadam api dengan media foam sering kali ditemui di area dapur. Namun, sayangnya APAR foam tidak dapat digunakan pada ruangan dengan alat elektronik, karena kandungan air pada media tersebut dapat memicu korsleting.

  • CO2

APAR dengan media berbentuk gas ini adalah ‘primadona’ untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan malfungsi alat elektronik atau korsleting. Media ini juga terkenal dengan sifat clean agent-nya, yaitu tidak meninggalkan bekas setelah diaplikasikan.

Nah, itulah media-media pemadam api yang ada dan biasa digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu proteksi kebakaran.

Cek Macam-macam Sistem Tekanan Alat Pemadam Api

Ada dua sistem tekanan yang digunakan dalam alat pemadam api yaitu sistem tekanan cartridge dan stored pressure. Pada sistem tekanan cartridge, gas bertekanan yang digunakan untuk mendorong media pemadam api keluar dari tabung disimpan pada tabung terpisah dari tabung utama tempat media APAR disimpan.

Sedangkan untuk sistem tekanan APAR stored pressure, gas bertekanan disimpan di tabung yang sama dengan media pemadam api dan bisa dicek melalui komponen pressure gauge. Gas bertekanan pada sistem stored pressure akan membawa media pemadam api keluar dari tabung secara langsung setelah tuas APAR ditekan.

Jenis Alat Pemadam Api dan Sistem Tekanannya

Nah, itulah semua informasi mengenai jenis APAR menurut media dan sistem tekanannya. Dan yang tak kalah penting dari mengetahui jenis-jenis APAR adalah merawat APAR tersebut.

Jika kamu tidak mau ribet-ribet merawat APAR, kamu bisa coba pakai aplikasi Firecek. Aplikasi pengecekan APAR ini akan membantumu memonitor dan me-manage alat pemadam api milikmu dengan ringkas dan mudah dalam sebuah aplikasi yang bisa kamu pasang di smartphone-mu. Ayo segera coba aplikasi pengecekan APAR Firecek!

Jenis Alat Pemadam Api Apapun Bisa Diinspeksi Pakai Aplikasi Pengecekan APAR Firecek

Leave a Comment

0