Jenis APAR Kelas C yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis APAR kelas C yang beraneka ragam mungkin masih membuatmu bingung. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan coba diringkas APAR apa saja yang termasuk dalam APAR kelas C.

Namun, sebelum jauh membahas tentang APAR C, ada baiknya kamu mengingat terlebih dahulu tentang kelas kebakaran C. Masalah elektrikal seperti arus pendek listrik, malfungsi alat elektronik dan naik turunnya arus listrik adalah penyebab kebakaran C. Dengan adanya unsur elektrikal, maka kebakaran C memerlukan APAR khusus, yaitu APAR C yang sesuai dan efektif menangani kebakaran kelas C.

 

APAR CO2 Jenis APAR Kelas C Paling Populer

APAR CO2 adalah APAR yang paling populer digunakan dalam kelas kebakaran C. Tentunya, kepopuleran APAR CO2 bukan tanpa sebab. Ada banyak keuntungan yang ada pada APAR CO2 saat digunakan untuk memadamkan api elektrikal.

Jenis APAR Kelas C Paling Populer APAR GuardALL CO2

Pertama-tama, APAR CO2 ini bersifat non-konduktor, jadi sangat aman untuk memadamkan api elektrikal, karena tidak menghantarkan listrik. Yang kedua, APAR ini bersifat clean agent, jadi tidak akan meninggalkan residu pada peralatan elektronik, yang dikhawatirkan dapat membuat alat elektronik menjadi korosif.

 

APAR Powder ‘Jawara’ Diberbagai Kelas Kebakaran Termasuk Jenis APAR Kelas C

APAR powder sangat luas digunakan oleh masyarakat. Ini karena APAR powder memiliki kemampuan memadamkan api hampir di semua kelas kebakaran, tak terkecuali di kelas kebakaran C.

Jenis APAR Kelas C APAR GuardALL Jenis Powder

APAR powder yang juga memiliki sifat non-konduktor, bekerja dengan cara menyelimuti area yang terbakar. Ketika area tersebut tertutup powder, maka api akan padam karena putusnya rantai reaksi segitiga api antara oksigen dan elemen lainnya.

Namun, sayangnya APAR powder meninggalkan residu sehabis digunakan. Oleh sebab itu, kamu harus segera membersihkan residunya setelah APAR digunakan. Hal ini agar alat-alat elektronik di area tersebut tidak mengalami kerusakan, maupun korosif karena residu APAR powder.

 

HFC-227 Jenis APAR Kelas C yang Ramah Lingkungan

Semenjak APAR halon dilarang pemakaiannya karena merusak ozon, munculah alternatif APAR halon yang lebih ramah lingkungan yaitu HFC-227. APAR HFC-227 berbentuk gas cair yang ketika berada di dalam tabung berbentuk cair dan ketika disemprotkan menjadi gas.

Jenis APAR Kelas C APAR HFC-227

APAR HFC-227 juga sangat diminati, karena banyak nilai plus yang ditawarkan untuk memadamkan api kelas kebakaran C. Selain bersifat non-konduktor dan clean agent, APAR ini juga dapat mendinginkan titik api sehingga kebakaran bisa padam dengan sempurna.

Itu semua jenis APAR kelas C yang bisa kamu gunakan untuk memadamkan api elektrikal. Ayo segera siapkan APAR di area-area yang berpotensi mengalami kebakaran elektrikal. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan APAR, supaya APAR selalu dalam kondisi prima dan siap pakai.

Leave a Comment

0