Tips Memilih Jenis APAR untuk Dapur Restoran

Seperti tempat publik lain, restoran juga tidak luput dari ancaman bahaya kebakaran. Apalagi area dapur dengan banyak alat masak dan bahan mudah terbakar. Oleh sebab itu, kali ini akan Firecek berikan rekomendasi jenis APAR untuk dapur restoran bagi Tim Firecek.

Potensi Kelas Kebakaran di Dapur Restoran

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, restoran tentunya dilengkapi dengan alat masak yang beragam. Selain itu, tentunya dalam jumlah yang banyak dan kapasitas besar.

Belum lagi, adanya bahan mudah terbakar yang disimpan di dalam dapur. Baik bahan bakar untuk kompor seperti minyak tanah, maupun minyak goreng untuk kebutuhan memasak.

Secara teori segitiga api, semua elemen yang dapat memicu munculnya nyala api ada di dalam dapur. Nah, oleh itu Tim Firecek tidak boleh lengah! Mari kenali potensi kelas kebakaran di dapur.

Kelas Kebakaran B

Melihat banyaknya bahan bakar cair mudah terbakar seperti minyak goreng, maka bisa disimpulkan bahwa di dapur restoran memiliki kelas kebakaran B. Lalu, apa APAR yang cocok untuk kelas kebakaran B? Simak rekomendasi jenis APAR untuk dapur restoran dari Firecek di bawah ini ya!

Jenis APAR untuk Dapur Restoran dengan Media Foam

Media yang cocok untuk kelas kebakaran B adalah APAR foam. APAR dengan media busa atau buih ini memiliki kemampuan saponifikasi-nya. APAR foam dapat memadamkan api yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar secara efektif dengan teknik pendinginan (cooling) serta menyelimuti titik api dan memutus kontak dengan oksigen, sehingga api dapat padam (starvation).

Jenis APAR untuk Dapur Restoran Rekomendasi Damkar

Nah, kalo saran dari Firecek gunakan APAR foam yang sudah disertifikasi oleh Damkar ya! Jangan pilih APAR sembarangan, karena bisa fatal akibatnya!

Kemenparekraf Wajibkan APAR di Salah Satu Poin Panduan CHSE

Di tengah pandemi yang masih berlangsung ini, Kemenparekraf mengeluarkan panduan CHSE yang dapat digunakan sebagai acuan standar keamanan dan kesehatan bagi pemilik usaha, salah satunya restoran.

CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) memiliki beberapa poin yang harus dipenuhi oleh pemilik usaha agar mendapat sertifikasi CHSE bagi restorannya. Salah satu poin pada panduan CHSE adalah poin “Safety”, yang mewajibkan pemilik usaha untuk mempersiapkan APAR di tempat usahanya.

Pedoman CHSE dan Sertifikasi CHSE Kemenparekraf

Nah, dengan adanya potensi kebakaran yang cukup beresiko di dapur restoran dan adanya himbuan dari Kemenparekraf perihal CHSE, maka sudah seharusnya Tim Firecek mempersiapkan jenis APAR untuk dapur restoran untuk proteksi kebakaran, jangan sampai tidak disiapkan karena, bisa berujung fatal!

Leave a Comment

0