Jenis Kebakaran Kelas A B C D, Ini Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu!

Jenis kebakaran kelas A B C D harus diketahui dan dipahami terlebih dahulu sebelum memproteksi dan memadamkan api. Apalagi bagi Anda yang hendak memproteksi area Anda dengan APAR wajib mengetahui tentang kelas kebakaran.

Jenis Kebakaran Kelas A B C B Berdasar Bahan Bakarnya

Tiap kelas kebakaran memiliki karakteristik masing-masing. Namun, yang jadi pembeda tiap kelas kebakaran adalah bahan bakar pemicunya. Nah, mari kita cari tahu bahan bakar atau penyebab kebakaran di tiap kelasnya.

jenis kebakaran kelas a b c d

  • Kelas Kebakaran A

Kelas kebakaran A adalah kebakaran yang dipicu oleh benda pada mudah terbakar. Misalnya: daun kering, kertas, kain, kayu dan benda-benda serupa. Ciri khas dari kelas kebakaran A adalah, jika bahan bakarnya terbakar maka akan menjadi arang.

  • Kelas Kebakaran B

Kelas kebakarn B adalah kebakaran yang banyak disebabkan oleh benda cair mudah terbakar. Contoh dari benda cair mudah terbakar adalah bensin, alkohol, cat, minyak goreng dan sebagainya.

Jenis Kebakaran Kelas A B C B dan Bahan Bakar Penyebabnya

  • Kelas Kebakaran C

Kelas kebakaran C adalah kebakaran yang timbul dari adanya malfungsi atau korsleting listrik. Biasanya kebakaran ini terjadi karena naik turunya daya listrik atau ada kerusakan komponen pada alat elektronik.

  • Kelas Kebakaran D

Kelas kebakaran D adalah klasifikasi kebakaran yang disebabkan oleh logam. Biasanya ini terjadi pada jenis logam seperti lithium yang ada pada batu baterai.

jenis kebakaran kelas a b c d

Nah, itu lah macam-macam penyebab kebakaran di tiap kelas atau klasifikasi kebakaran. Karena saat identifikasi kebakaran sangat penting untuk mengetahi penyebab atau pemicu kebakaran.

APAR yang Tepat untuk Tiap Jenis Kebakaran Kelas A B C D

Setiap jenis APAR memiliki karakteristik dan padaan masing-masing dalam memadamkan kelas klasifikasi kebakaran tertentu:

Jenis Kebakaran Kelas A B C B dan APAR yang Cocok

  • APAR powder: APAR dengan media serbuk kimia kering ini sangat tepat untuk memadamkan api pada kelas kebakaran A, B, C dan D. Karena sifatnya yang non-konduktor, maka tidak masalah untuk digunakan memadamkan api pada kelas apapun. Oleh sebab itu, APAR powder juga disebut APAR multi-purpose.
  • APAR CO2: APAR bermedia gas CO2 ini, sangat efektif untuk memadamkan api pada kelas kebakaran B dan C. APAR dengan media non-konduktor ini sangat ramah pada benda cair mudah terbakar dan benda elektronik karena tidak meninggalkan residu saat digunakan. Sehingga, tidak mencemari benda cair yang terbakar juga tidak memicu korosi pada alat elektronik.
  • APAR foam: meggunakan media campuran antara air dan surfaktan soda. Media ini sangat efektif untuk memadamkan kelas kebakaran A dan B, dengan cara kerja cooling atau mendinginkan titik api. Namun, jangan sekali-kali menggunakan APAR foam pada kebakaran elektrikal. Karena kandungan air pada media ini dapat memperparah korsleting.

Nah, itu dia informasi mengenai klasifikasi kelas kebakaran beserta APAR yang dapat memadamkannya. Jika, Anda hendak membeli APAR, pastikan APAR yang Anda beli sesuai dengan kelas kebakaran di tempat yang hendak Anda proteksi. Dan jangan lupa untuk selalu merawat APAR tersebut, tentunya menggunakan aplikasi Firecek.

Leave a Comment

0