Cek Detail Kartu APAR dan Inovasi Terbaru Pengecekan APAR

Pengecekan pada APAR memang tidak bisa dilakukan tanpa melihat informasi pada kartu APAR terlebih dahulu. Meskipun rentang pengecekan APAR antara 1-3 bulan bukan berarti pencatatan dan pembacaan informasi pada kolom-kolom kartu APAR tidak penting.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa APAR sudah menjadi barang yang tidak asing lagi, maka sudah seharusnya kita mengetahui cara merawatnya dan juga mengetahui kolom apa saja yang ada pada kartu APAR. Dengan mengetahui kolom-kolom tersebut, diharap kedepannya para pengguna bisa mengisi dan membaca kartu APAR dengan baik.

 

Kolom-kolom pada Kartu APAR

Jenis kartu APAR F-HSE-21 adalah yang sering ditemukan pada tabung APAR yang ada di sekitar kita. Di bawah ini akan dijabarkan kolom-kolom yang ada di dalam kartu APAR dan juga kegunaannya.

Kartu APAR Beserta Detail Contoh Kolom Pada Kartu

  • Pencatatan tanggal pemeriksaan yang sudah dilakukan dan tanggal pemeriksaan yang sedang dilakukan ditulis pada Kolom Tanggal.
  • Pencatatan kode dan nomor seri APAR yang biasanya ada pada tabung APAR bisa ditulis di Kolom Nomor APAR.
  • Jenis media APAR yang sedang diperiksa juga harus dicatat pada Kolom Jenis, sesuai media APAR-nya seperti foam, cair, dry chemical powder, atau CO2.
  • Informasi berat bruto tabung APAR yang ditimbang saat pemeriksaan tabung APAR bisa ditulis di Kolom Berat.
  • Informasi pada pressure gauge bisa dicatat pada Kolom Tekanan. Infomasi tekanan bisa didapat dengan melihat jarum ketika di area hijau dan merah pada pressure gauge.
  • Pemeriksaan komponen APAR seperti tabung, safety pin, selang dan nozzle, informasinya bisa dicatat di Kolom Kondisi Luar Tabung.
  • Kolom Masa Expired, terdiri juga dari kolom label. Pada kolom ini bisa diberi keterangan “Ada”, “Sudah Putus”, “Dibuka”, “Lepas”, dan lain-lain.
  • Jika saat melakukan pemeriksaan APAR, Anda juga melakukan isi ulang APAR, maka Kolom Metode Pengisian harus diisi. Pada kolom ini bisa ditulis keterangan¬†“Isi Baru”, “Isi Ulang”, maupun “Tera Ulang” sesuai yang sudah dilakukan saat melakukan pengecekan.
  • Catatan tambahan seperti letak semula tabung APAR atau nama pemilik APAR bisa ditambahkan pada Kolom Catatan.

 

FIRECEK akan Memudahkan Pencatatan Kartu APAR

Di jaman yang sudah semakin maju, semua bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman tangan. Seperti aplikasi FIRECEK yang tersedia untuk ponsel pintar, FIRECEK bisa membantu Anda dalam melakukan pencatatan kartu APAR dengan menyimpan data-data historis APAR milik Anda. Jadi tunggu apalagi? Segera berpindah dari kartu APAR konvensional ke aplikasi FIRECEK.

Kartu APAR Pengisian dengan Aplikasi

Diharap juga setelah membaca artikel ini, Anda bisa melakukan pengisian dan pembacaan informasi pada kolom kartu APAR secara tepat, tentunya dengan bantuan FIRECEK. Supaya dalam pengecekan dan perawatan APAR, Anda bisa melakukannya dengan benar dan maksimal.

Leave a Comment

0