Kenapa Kayu Bakar Berderak dan Mengeluarkan Bunyi Saat Dibakar?

Kayu Bakar Berderak

 Ini adalah pertanyaan yang bagus. Banyak orang suka duduk di depan api, mendengarkan kayu berderak hingga pecah karena panasnya api.

Suara-suara kayu terbakar disebabkan oleh kantong-kantong uap yang terperangkap dan tiba-tiba keluar membuat letupan-letupan kecil.

Untuk mengetahui mengapa ini terjadi, kita perlu memahami apa yang terjadi ketika kita meletakkan balok kayu di atas api. Pertama, saat kayu mulai semakin panas. Di dalam kayu ada kantong-kantong air yang terperangkap dan getah pohon yang lengket.

Ini sama halnya saat kita memasak air menggunakan panci. Saat air memanas maka akan muncul uap, begitu pula air yang terperangkap di dalam batang kayu. Jadi ketika api semakin panas, air dan getah di dalam batang kayu mulai mendidih dan berubah menjadi gas uap. Ketika api semakin panas, gas-gas ini mulai mengambil lebih banyak ruang untuk mengembang.

Bagaimana Uap-uap Menyebabkan Kayu Bakar Berderak?

Sementara air dan getah berubah menjadi uap, sesuatu juga terjadi pada kayu. Kayu mengandung sesuatu yang disebut selulosa, yang sebagian besar dapat kita temukan pada tanaman.

Ketika selulosa memanas, maka selulosa akan mulai rusak atau “terurai”. Jika Anda pernah melihat apel berubah menjadi coklat itu berarti selulosanya telah membusuk. Ketika sesuatu di alam (seperti sepotong buah atau tanaman) terurai, maka akan ada perubahan.

Kayu Bakar Berderak

Ketika kayu dalam api menjadi memanas, selulosa di dalamnya akan mulai berubah menjadi gas. Ini terjadi ketika kita melihat asap keluar dari kayu, kadang-kadang bahkan sebelum potongan kayu itu terbakar asap sudah muncul.

Nyala api muncul ketika gas uap yang keluar dari kayu mulai bercampur dengan oksigen di udara. Oksigen seperti “makanan” untuk api, itu membuat kayu terbakar.

Saat kayu terbakar, campuran gas uap yang membesar dan selulosa yang hancur membuat kantong-kantong uap yang terperangkap terbuka dari kayu, satu per satu. Inilah sebabnya mengapa Anda akan mendengar suara berderak dan kayu pecah saat kayu terbakar.

Jadi semakin banyak air dan getah di dalam kayu, semakin berderak kayu yang terbakar. Jika Anda pernah meletakkan kayu lembab di atas api, Anda mungkin akan mendengar “suara lebih berisik” kayu lembab mengeluarkan suara jauh lebih banyak daripada kayu yang benar-benar kering.

Bagaimana Kayu Bakar Bisa Menyimpan Air?

Tapi bagaimana air dan getah bisa masuk ke dalam kayu?

Ya, kayu memang tidak sekokoh yang terlihat. Kayu memiliki banyak lubang kecil, terlalu kecil untuk dilihat mata kita, dan lubang ini menyimpan air dan getah di dalamnya.

Kami tahu kayu berasal dari pohon. Dan ketika pohon-pohon masih hidup, mereka tetap sehat dengan membawa air ke dalam batangnya melalui lubang-lubang kecil ini, yang disebut xilem. Ketika pohon ditebang untuk membuat kayu bakar, maka masih ada air yang terperangkap di dalam xilem ini.

Ada cara lain air bisa masuk ke dalam kayu. Jika kayu bakar dibiarkan terkena hujan, ia bisa menyerap air dengan cara itu. Atau terkadang serangga membuat lubang kecil di kayu, yang memungkinkan air masuk.

Duduk di dekat api dan menonton nyala api, lalu mendengarkan suara seperti “kresek-kresek” dengan letupan kecil mungkin menyenangkan. Sebagian besar, ledakan mini uap yang keluar kecil.

Kayu Bakar Berderak Apa Sebabnya

Tetapi kadang-kadang letupan bisa jadi besar, dan bahkan mungkin menyebabkan potongan kayu bakar kecil terbang! Inilah sebabnya mengapa penting untuk selalu menjaga jarak yang aman dari api atau menyiapkan alat pemadam api.

 

Sumber: Curious Kids: why does wood crackle in a fire? oleh The Conversation

Kayu Bakar Berderak, Kayu Bakar Berderak, Kayu Bakar Berderak, Kayu Bakar Berderak

Leave a Comment

0