Cek Kelebihan Halon untuk Memadamkan Api di Sini!

Halon atau juga sering disebut dengan Bromochlorofluoromethane BCF, adalah salah satu media pemadam api yang berbentuk asap atau gas. APAR halon bekerja dengan menghilangkan salah satu elemen dari segitiga api, yaitu menutup akses oksigen dan mencegah oksidasi terjadi. Alat pemadam api halon dianggap memiliki banyak nilai plus dalam hal memadamkan api. Lalu, apa saja kelebihan halon? Mari simak artikel di bawah ini.

 

Kelebihan Halon Menangani Kelas Kebakaran ABC

Sifat non-konduktor yang dimiliki alat pemadam api halon membuat media ini bisa digunakan untuk mengatasi kelas kebakaran C, yang disebabkan oleh malfungsi tegangan listrik. Media non-konduktor juga aman jika terkena alat elektronik yang masih menyimpan tegangan listrik.

Kelebihan Halon Dalam Menangani Kelas Kebakaran ABC

Selain itu, APAR halon juga bisa memadamkan api dari kelas kebakaran A yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar. Tidak hanya itu, APAR halon juga kerap kali digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar.

 

Kelebihan Halon Sebagai Clean Agent

Selain kelebihan APAR halon dalam memadamkan api dari kelas kebakaran ABC, APAR halon memiliki kelebihan lainnya yaitu sifat clean agent yang dimiliki APAR ini. APAR halon saat digunakan tidak akan meninggalkan bekas atau residu di area sekitar medianya disemprotkan.

Kelebihan Halon Sebagai Clean Agent Tanpa Residu

Maka dari itu, peralatan dan benda-benda di sekitar tempat kebakaran tidak akan rusak terkena media dari alat pemadam api ini. Media halon yang bersifat gas dan asap inipun aman terhadap hewan, tumbuhan dan manusia jika sampai mengenai bagian tubuh.

Meski banyak nilai plus dari media APAR halon, namun sekarang penggunaan halon sudah dilarang. Halon dianggap menyimpan senyawa CFC terlalu banyak, yang mana senyawa CFC disinyalir dapat merusak ozon planet Bumi. Semenjak itu peredaran halon-pun mulai dilarang.

Selain itu ada faktor lain yang membuat APAR halon mulai ditinggalkan. APAR halon dianggap memiliki harga yang lumayan mahal. Maka, banyak yang beralih ke APAR media lain yang dianggap lebih ekonomis dan juga ramah lingkungan seperti misalnya APAR alternatif halon yang memiliki karakteristik yang sama dengan halon, namun tidak merusak ozon.

Leave a Comment

0