Fungsi Masing-masing Komponen Kelengkapan APAR

Kelengkapan APAR yang terdiri dari banyak komponen sangat penting untuk diketahui. Apalagi bagi para pengguna APAR, mempelajari fungsi-fungsi komponen APAR sangat penting. Ditambah lagi jika akan melakukan inspeksi APAR, Anda wajib mengetahui komponen apa saja yang harus diperiksa.

 

Kelengkapan APAR sebagai Indikator Tekanan

Dalam menggunakan APAR, tekanan dalam tabung harus selalu diperiksa. Salah satu komponen yang digunakan untuk mengetahui tekanan dalam tabung APAR adalah pressure gauge. Komponen pressure gauge adalah indikator apakah tekanan dalam tabung masih normal atau sudah berkurang.

Kelengkapan APAR sebagai Indikator Tekanan

Jika saat inspeksi, jarum penunjuk pada komponen pressure gauge masih di area hijau (13-15 bar), berarti tekanan APAR masih normal. Sedangkan jika kondisi jarum sudah berada di area merah atau tekanan berada di bawah 13-15 bar, berarti tekanannya harus segera diisi ulang.

 

Kelengkapan APAR Komponen Output Media Pemadam Api

Media pemadam api yang disimpan dalam tabung APAR dikeluarkan guna memadamkan api dengan bantuan beberapa komponen output kelengkapan APAR. Seperti misalnya head grip atau tuas APAR. Media APAR akan terdorong keluar jika head grip ditekan. Namun sebelum menekan head grip, pastikan safety pin ditarik terlebih dahulu.

Setelah head grip ditekan, maka media di dalam tabung APAR yang bertekanan tinggi akan terdorong keluar. Selanjutnya media pemadam api akan disalurkan melalui selang atau hose menuju ke nozzle. Setelah media disalurkan oleh hose, nozzle bertugas menyemprotkan media ke titik api untuk memadamkan kebakaran.

Kelengkapan APAR Output Media Pemadam Api

Untuk komponen-komponen output yang sudah disebutkan tadi, pastikan agar tidak tersumbat atau berlubang. Karena jika komponen output sampai tersumbat atau berlubang, maka akan sangat berbahaya saat akan digunakan,  dan juga akan menyebabkan pemadaman tidak maksimal. Maka dari itu segera ganti komponen yang rusak.

Setelah Anda mempelajari fungsi masing-masing komponen APAR, diharap Anda dapat menggunakan APAR dengan lebih baik. Apalagi dalam hal inspeksi APAR, diharap inspeksi bisa maksimal dan komponen APAR bisa berfungsi dengan baik. Lalu, saat melakukan inspeksi, Anda juga bisa dibantu aplikasi FIRECEK.

Leave a Comment

0