Ketentuan Jumlah APAR Menurut NFPA dan Peraturan Menteri

Ketentuan jumlah APAR adalah salah satu hal yang yang harus para pengguna APAR ketahui disamping cara menggunakan APAR. Jika kamu masih bingung untuk menetukan APAR di area rumah atau bahkan di tempat kerja? Tenang, di sini kami akan berikan tipsnya buat kalian!

Ketentuan Jumlah APAR di Tiap Ruangan Atau Area Tertentu

Setiap ruangan atau bangunan memiliki ketentuan jumlah APAR yang berbeda-beda. Hal ini sebenarnya sudah diatur dan dirumuskan dalam peraturan NFPA dan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dari kedua peraturan tersebut akan coba kami tuliskan beberapa poinnya di bawah ini:

  • Kamar atau ruang berpartisi lainnya di dalam rumah

Pada ruangan kamar atau ruang-ruang berpartisi lainnya di dalam rumah sebaiknya dipersiapkan APAR powder berkapasitas 3 kg.

Ketentuan Jumlah APAR Menurut NFPA

  • Perkantoran, aula dan koridor

Pada ruangan perkantoran atau aula dengan luas 200 meter persegi sebaiknya dipersiapkan APAR powder dengan ukuran 6 kg di setiap ruangan tersebut. Lalu, untuk ruangan terbuka dan koridor sebaiknya dipersiapkan APAR powder dengan kapasitas 6 kg di setiap 20 meter.

  • Area produksi atau industri

Karena di area seperti ini sangat rawan mengalami kebakaran, maka wajib dipersiapkan APAR dengan kapasitas cukup besar. Persiapkan pada area ini masing-masing APAR dengan kapasitas 9 kg dengan media powder dan CO2.

  • Ruang berpanel elektronik

Di ruang berpanel elektronik ada ketentuan jumlah APAR tersendiri. Dikarenakan ruangan ini berpotensi muncul kebakaran elektrikal, maka ketentuan jumlah APAR yang harus dipersiapkan adalah APAR CO2 berukuran 6 kg dan APAR powder dengan kapasitas 4 kg.

Cara Me-manage Jumlah APAR yang Banyak Diberbagai Tempat

Jika kamu memiliki APAR diberbagai tempat di rumahmu dan beberapa di area kantormu, pasti akan sangat ribet jika harus me-managenya satu persatu. Maka dari itu, kami akan bagikan cara mudah untuk me-manage APAR.

Caranya kamu tinggal unduh saja aplikasi Firecek! Aplikasi Firecek adalah aplikasi pengecekan alat pemadam api yang bisa kamu gunakan untuk me-manage APAR dimanapun, kapanpun dan sebanyak apapun. Aplikasi APAR Firecek juga akan membantumu dalam:

  • Menyimpan data dan informasi APAR
  • Menjadwalkan inspeksi APAR
  • Menganalisa potensi kelas kebakaran
  • Menganggarkan biaya perawatan APAR
  • Memberi notifikasi jika APAR memasuki masa kadaluarsa dan juga jika APAR harus melakukan inspeksi

Semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi di smartphone-mu! Ayo segera penuhi kebutuhan APAR di rumah maupun di tempat kerja atau bisnismu dan serahkan monitoring-nya ke Firecek! Yuk segera unduh di sini, gratis!

Ketentuan Jumlah APAR Menurut NFPA dan Cara Memonitornya

Leave a Comment

0