Baca Info Tentang Masa Kadaluarsa APAR Powder

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat APAR milik Anda supaya tetap optimal. Salah satunya dengan mengetahui masa kadaluarsanya. Masa kadaluarsa tiap jenis APAR berbeda-beda, contohnya masa kadalursa APAR powder yang berbeda dengan media lainnya.

Dengan mengetahui masa kadaluarsa APAR milik Anda, melakukan inspeksi akan lebih mudah dan minim kesalahan. Kebetulan, pada artikel kali ini akan disuguhkan info tentang masa kadaluarsa APAR powder dan juga informasi yang berkaitan dengan APAR powder.

 

Masa Kadaluarsa APAR Powder Terlalu Dini, Apa Penyebabnya?

Menurut lampiran ke 2 hal 2 perundangan K3 terbitan Disnaker cetakan tahun 2016, masa kadaluarsa APAR powder adalah 5 tahun. Namun, ternyata APAR powder bisa rusak sebelum mencapai masa kadaluarsanya yaitu 5 tahun. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari faktor eksternal.

Masa Kadaluarsa APAR Powder Terlalu Dini dan Penyebabnya

Faktor eksternal seperti cuaca ekstrem (cuaca panas-dingin yang cepat berubah), hujan, sinar matahari langsung, angin, suhu ruangan dan juga kelembapan dapat berpengaruh pada media powder dalam APAR. Faktor-faktor tersebut bisa menyebabkan pengumpalan dan juga kerusakan media, meski belum mencapai masa kadaluarsa.

 

Cara Perawatan untuk Memaksimalkan Masa Kadaluarsa APAR Powder

APAR powder yang disimpan di dalam ruangan sebaiknya tidak diletakkan di lantai. Jika tabung APAR bersentuhan dengan lantai, dikhawatirkan akan membuat media powder dalam APAR menjadi lembap dan menggumpal. Maka dari itu APAR powder disarankan untuk dipasang minimal 125 cm dari permukaan lantai.

Untuk pemasangan di luar ruangan, APAR sebaiknya disimpan di dalam box. Fungsi box di sini untuk mengamankan tabung APAR dari gangguan faktor eksternal seperti hujan, sinar matahari langsung, angin dan juga cuaca ekstrem. Penggunaan box juga membantu badan tabung terhindar dari resiko korosif.

Masa Kadaluarsa APAR Powder dengan Perawatan Maksimal

Suhu ruangan tempat peletakan APAR powder juga harus diantara –44°C sampai 49°C, jika suhu lebih rendah atau melebih suhu yang sudah ditetapkan tersebut, maka dikhawatirkan powder dalam APAR akan rusak.

Tidak hanya cara menyimpannya yang harus diperhatikan, namun Anda juga harus melakuan pemeriksaan berkala yaitu 1 bulan sekali. Pemeriksaan dilakukan dengan cara membolak-balik tabung APAR. Jika saat dibolak-balik terdengar suara seperti pasir mengalir, berarti powder masih bagus. Namun jika keluar suara “bug”, maka APAR perlu diservis.

Jika sudah diservis dan diisi ulang, jangan lupa untuk mengisi kartu APAR, supaya jika ada inspeski berikutnya tidak ada kesalahan penanganan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi FIRECEK untuk membantu Anda mencatat historis isi ulang dan servis APAR milik Anda.

Leave a Comment

0