Media Pemadam Api Yang Cocok Untuk Segala Jenis Kebakaran

Media pemadam api adalah suatu media atau zat yang mempunyai kemampuan khusus untuk memadamkan api yang telah diklasifikasikan dalam kelas kebakaran menurut penyebabnya.

Untuk menangani kelas-kelas kebakaran tersebut, di Indonesia umumnya ada empat jenis media pemadam api yang sering digunakan. Media tersebut yaitu dry chemical powder, cair, foam, dan CO2 (karbon dioskida). Keempat media tersebut dapat digunakan untuk proteksi dari kebakaran. Baik untuk penggunaan pribadi, fasilitas umum (rumah sakit, sekolah, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan), maupun pabrik.

 

Media Pemadam Api Dry Chemical Powder Cocok Untuk Segala Jenis Kebakaran

media pemadam api dry chemical powder

Media pemadam api dry chemical powder sangat serbaguna karena dapat memadamkan segala jenis kebakaran. Baik kebakaran akibat benda padat mudah terbakar seperti kertas atau kain, kebakaran yang disebabkan oleh zat cair mudah terbakar (bensin, thinner, cat, dan lain sebagainya), kebakaran yang disebabkan oleh elektrikal atau listrik, dan kebakaran yang disebabkan oleh benda metal mudah terbakar (magnesium, potasium, dan titanium).
Media dry chemical powder berbentuk seperti bubuk bedak dan bersifat menutupi area kebakaran sehingga mencegah kontak dengan oksigen. Dengan berkurang atau hilangnya elemen oksigen, maka api akan mudah dipadamkan. Karena oksigen adalah salah satu unsur pembentuk api yang terangkai dalam segitiga api.
Namun penggunaan alat pemadam api media dry chemical dapat menyebabkan gangguan pernafasan jika terhirup dan digunakan di dalam ruangan. Sebaiknya gunakan masker atau breathing apparatus agar bubuk tidak terhirup.

 

Macam-Macam Media Pemadam Api

Media pemadam api memiliki beberapa jenis selain media dry chemical powder. Media pemadam api lainnya juga sangat ampuh mengatasi kebakaran sesuai dengan klasifikasi kelas kebakaran. Berikut adalah media pemadam api dengan spesifikasi dan keunggulannya:

 

Media Pemadam Api Cair

Media pemadam api cair bersifat menembus bahan yang terbakar dan menciptakan efek pendinginan sehingga api tidak akan kembali menyala. Alat pemadam api dengan media cair cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh material padat mudah terbakar seperti kayu, sampah kering, kertas, dan tekstil. Selain itu alat pemadam api media cair juga dapat memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh zat cair mudah terbakar seperti bensin, solar, dan thinner.

Saat menggunakan alat pemadam api dengan media cair sebaiknya menghindari kontak dengan peralatan kelistrikan karena sifat air yang konduktif.

 

Media Pemadam Api CO2

media pemadam api co2

Media alat pemadam api CO2 atau karbon dioksida memadamkan api dengan cara menghilangkan unsur oksigen dari segitiga api dan juga menghilangkan panas dengan gas yang dingin. Alat pemadam api dengan media CO2 dapat digunakan untuk memadamkan api yang disebabkan oleh zat cair mudah terbakar dan kebakaran akibat elektrikal.

Media alat pemadam api CO2 biasa digunakan untuk memadamkan api yang disebabkan oleh elektrikal karena sifatnya yang non-konduktif sehingga aman. Selain itu media CO2 juga tidak meninggalkan residu yang dapat mengganggu kinerja peralatan elektronik. Biasanya, fisik tabung alat pemadam api media CO2 akan tebal dan berat karena adanya tekanan tinggi di dalam tabung yaitu sekitar 200 bar.

Saat penggunaan alat pemadam api media CO2 di dalam ruangan, pengguna sebaiknya menggunakan alat bantu pernafasan atau breathing apparatus sehingga pasokan oksigen tetap terjaga.

 

Media Alat Pemadam Api Foam

Media alat pemadam api foam bersifat mendinginkan sehingga mencegah pengapian ulang dan menutupi area kebakaran dengan sempurna. Cara kerja alat pemadam api media foam yaitu dengan menghilangkan elemen panas dan memisahkan unsur oksigen dari unsur lainnya.

Material media foam yaitu air dan biang foam (busa) yang dapat mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh material padat mudah terbakar dan material cair mudah terbakar.

 

Setelah mengetahui macam-macam media alat pemadam api, terutama yang ada di Indonesia. Kini Anda juga dapat mengetahui media alat pemadam api yang cocok untuk memproteksi rumah, kantor, gedung, atau pabrik. Tentunya dengan menyesuaikan aset-aset yang terdapat di dalamnya yang mungkin berpotensi menyebabkan kebakaran. Saat menggunakan alat pemadam api, pastikan kecakapan dan keamanan pengguna dengan mengetahui cara penggunaan alat pemadam api terlebih dahulu. Sehingga proses pemadaman dapat berjalan mudah dan efektif.

Leave a Comment

0