Pengertian Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

pemadam api ringan

Pemadam api ringan atau dikenal juga Alat Pemadam Api Ringan (APAR) memiliki fungsi sebagai alat untuk memadamkan api. Alat pemadam api ringan digunakan untuk memadamkan api yang relatif kecil karena ukuran serta kapasitas media pemadam yang terbatas.

Tabung alat pemadam api ringan memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda sehingga pengguna dapat menyesuaikan dengan potensi kebakaran suatu bangunan atau piranti yang ingin diproteksi.

 

pemadam api ringan

 

Biasanya tabung alat pemadam api ringan memiliki kapasitas 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg, 6 kg, dan 9 kg. Berbagai ukuran dengan media pemadam yang beragam dapat Anda dapatkan di distributor alat pemadam api terpercaya di kota Anda.

Ukuran tabung yang relatif ringan ini dimaksudkan agar mudah dibawa dan digunakan oleh siapa saja karena sifatnya yang portable.

Selain itu, alat pemadam api ini berisi media yang berbeda-beda. Media yang berbeda-beda tersebut dimaksudkan agar upaya pemadaman api lebih efektif. Karena media yang satu dengan yang lainnya memiliki kekurangan dan kelebihan ketika menghadapi sumber kebakaran.

Sumber kebakaran sendiri dapat berasal dari zat cair, padat, gas, maupun logam yang memiliki sifat yang berbeda-beda. Sumber kebakaran berdasarkan zat penyebabnya sudah dikelompokkan pada klasifikasi kelas kebakaran.

 

Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Sebelum Anda membeli alat pemadam api ringan sebaiknya perhatikan beberapa aspek di bawah ini agar tidak salah pilih:

  • Identifikasi potensi kelas kebakaran yang mungkin terjadi pada suatu bangunan atau aset. Misalnya jika suatu ruangan berisi kertas atau kayu maka ruangan tersebut memiliki potensi kelas kebakaran A.

media pemadam api kebakaran kelas a

 

  • Perhatikan ukuran ruangan. Contohnya jika Anda ingin memproteksi suatu ruangan berukuran 3 x 4 meter maka Anda membutuhkan 1 tabung alat pemadam api berukuran 2 kg jika tidak terlalu banyak barang mudah terbakar di ruangan tersebut. Atau gunakan 1 tabung berukuran 6 kg untuk berjaga-jaga ketika banyak barang mudah terbakar di ruangan tersebut.

pemadam api ringan

 

Setelah langkah-langkah di atas Anda lakukan tentunya sekarang Anda dapat memilih alat pemadam api ringan yang cocok untuk kebutuhan proteksi Anda.

Dengan alat pemadam api yang sesuai, kebutuhan proteksi menjadi efektif dan Anda dapat beraktivitas dengan tenang. Tidak lupa juga untuk ketahui bagaimana cara menggunakan alat pemadam api yang benar agar alat pemadam api dapat berfungsi secara maksimal.

Leave a Comment

0