Keuntungan Melakukan Pengetesan APAR Hydrotest

APAR tidak hanya membutuhkan inspeksi bulanan, namun juga harus melakukan pengetesan supaya tetap dalam kondisi prima. Salah satu pengetesan APAR yang harus dilakukan adalah hydrotest. Dengan hydrotest, Anda bisa mengetahui kondisi tabung APAR milik Anda.

 

Langkah Prosedur Pengetesan APAR Hydrotest

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan menjalankan hydrotest adalah melakukan pengosongan media dalam tabung APAR. Setelah media dikosongkan dari tabung APAR, periksa kondisi fisik tabung APAR. Cek jika ada penyok, bagian yang berlubang atau korosif. Jika ditemukan lubang atau korosif, sebaiknya hydrotest tidak dilakukan pada tabung tersebut.

Pengetesan APAR Hydrotest Prosedur

Setelah tabung selesai dicek dan siap melakukan hydrotest, selanjutnya isi tabung dengan air. Sesudah tabung diisi air, periksa informasin tentang tekanan kerja tabung. Berikan 2,5 kali tekanan kerja pada saat uji hydrotest. Pengetesan ini sebaiknya dilakukan secara internal dan eksternal.

 

Manfaat yang Ditawarkan Pengetesan APAR Hydrotest

Hydrotest dilakukan untuk mengetahui kondisi tabung APAR, karena tabung APAR harus selalu dalam kondisi prima. Mengingat APAR dioperasikan dengan tekanan tinggi, maka dari itu jika tabung rusak akan berbahaya bagi para pegguna APAR.

Hydrotest ini dimaksudkan untuk mendeteksi kerusakan atau kebocoran yang mungkin terjadi pada tabung APAR. Pengetesan ini akan memberi manfaat pada pengguna APAR karena dapat terhindar dari malfungsi APAR, misalnya APAR tidak mau bekerja dengan baik karena tekananya turun.

Hydrotest juga bisa menghindarkan pengguna APAR dari hal-hal yang diakibatkan tekanan tidak stabil. Misalnya tekanan tidak stabil dalam tabung APAR bisa mengakibatkan tabung APAR meledak, apalagi ditambah kondisi fisik tabung APAR yang rusak akan membuatnya semakin berbahaya.

Pengetesan APAR Agar Tidak Meledak

Maka hydrotest harus dilakukan secara berkala untuk meminimalisir bahaya malfungsi APAR. Secara spesifik hydrotest harus dilakukan setiap 5 tahun untuk tabung bermedia gas basah dan 12 tahun untuk tabung dengan media kering.

Meski sudah dilakukan hydrotest, namun Anda tidak boleh melupakan inspeksi berkala APAR milik Anda. Ditambah lagi sekarang inspeksi APAR-pun sudah canggih. Anda juga harus memperhatikan penempatan APAR milik Anda supaya tabung dan medianya tidak cepat rusak.

Leave a Comment

0