Perbedaan APAR ABC Powder dan Dry Powder yang Harus Diketahui

Bicara mengenai APAR Powder, muncul satu pertanyaan yang membuat banyak orang penasaran, yaitu ‘Apa perbedaan antara APAR ABC Powder dengan APAR Dry Powder?’ Banyak yang mengira bahwa kedua istilah tersebut adalah sama, meski sebenarnya berbeda. Lantas, apa perbedaan dari APAR ABC Powder dan Dry Powder?

Apa Itu APAR Powder?

Perbedaan APAR ABC Powder dan Dry Powder pemadam kebakaran

Sebelum membahas perbedaan APAR ABC Powder dan APAR Dry Powder, ada baiknya untuk membahas apa itu APAR Powder terlebih dahulu. APAR merupakan alat pemadam api ringan yang digunakan untuk memadamkan kebakaran skala kecil. Alat pemadam api ini digunakan untuk memadamkan api sebelum membesar.

APAR terdiri dari beberapa jenis berdasarkan isi media di dalamnya. Salah satunya adalah APAR Powder. Sesuai namanya, APAR Powder berisi media berupa powder atau lebih tepatnya dry chemical powder. Cara kerja APAR Powder adalah sebagai berikut:

  • Smothering : Menyelimuti atau mengisolasi api supaya tidak mendapatkan pasokan oksigen.
  • Starvation : Memisahkan atau mengurai bahan bakar dari unsur-unsur lain.

Karena memiliki cara kerja ganda, maka APAR Powder dapat bekerja efektif dan cepat dalam memadamkan api kebakaran. Dengan begitu, maka bahaya kebakaran dan kerugian yang mengancam bisa diminimalisir.

Perbedaan APAR ABC Powder dan Dry Powder

Saat berbicara mengenai APAR Powder, ada dua istilah berbeda yang sering kita dengar, yaitu APAR ABC Powder dan Dry Powder. Sebenarnya, dua istilah tersebut dapat dipertukarkan satu sama lain. Dengan kata lain, APAR ABC Powder dan Dry Powder bisa dianggap sama.

Anggapan tersebut muncul karena sebagian besar APAR Dry Powder yang ada di pasaran saat ini berupa APAR ABC Powder. Lebih tepatnya, ‘Dry Powder’ merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut jenis alat pemadam api. Sementara itu, ‘ABC Powder’ merupakan jenis powder yang digunakan pada sebagian besar APAR Dry Powder.

Meskipun sebagian besar APAR Dry Powder menggunakan jenis media ABC Powder, namun ada juga jenis media ‘Dry Powder’ lainnya yang tersedia. Artinya, APAR Dry Powder bisa dikatakan berbeda dengan ABC Powder jika menggunakan jenis media yang berbeda. Lantas, apa saja jenis-jenis alat pemadam api powder?

4 Jenis Alat Pemadam Api Powder

Perbedaan APAR ABC Powder dan Dry Powder standar NFPA

APAR Dry Powder dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan media yang digunakan. Meskipun sama-sama menggunakan media pemadam api powder, namun jenis serbuk kimia kering yang digunakan berbeda. Nah, berikut adalah jenis-jenis alat pemadam api powder.

ABC Powder

ABC powder merupakan media APAR yang dibuat dari mono-ammonium phosphate atau ammonium. Isi tabung pemadam kebakaran ini juga dikombinasikan dengan bahan powder lainnya untuk menambah massa dan meningkatkan laju aliran.

Jenis powder ini sering disebut sebagai powder serbaguna atau multi-purpose. Dikatakan serbaguna karena APAR ini dapat digunakan untuk memadamkan api dari berbagai kelas kebakaran, yaitu kebakaran kelas A, B, dan C.

BC Powder

BC Powder seringkali disebut sebagai powder standar. Jenis powder ini sudah lebih dahulu digunakan sebelum ABC powder menjadi umum digunakan seperti sekarang. BC Powder sendiri merupakan media APAR yang berbasis serbuk kimia kering berupa Natrium Bikarbonat (NaHCO3).

Monnex Powder

Monnex Powder merupakan serbuk kimia kering berupa Kalium Bikarbonat (KHCO3). Serbuk kimia ini sangat efektif untuk mengatasi kebakaran yang terjadi akibat bahan bakar cair, seperti minyak dan bensin. Jika dibandingkan dengan BC Powder dan ABC powder, Monnex Powder memiliki harga yang lebih mahal.

Class ‘D’ Powder

Powder Kelas D secara khusus digunakan untuk memadamkan kebakaran yang melibatkan bahan berupa logam mudah terbakar. Contoh bahan yang terlibat dalam kelas kebakaran D adalah magnesium dan lithium.

Biasanya, Powder Kelas D diaplikasikan menggunakan tongkat pelepas dengan kecepatan rendah yang akan menjatuhkan powder langsung pada titik api. Setelah mengenai titik api, powder akan meleleh membentuk lapisan kaca dan menutupi api.

Hal tersebut akan menghalangi interaksi oksigen dengan bahan bakar. Lapisan powder juga sekaligus menyerap panas di area sekitar api. Namun, alat pemadam api ini TIDAK cocok digunakan untuk kebakaran lithium ion, seperti baterai laptop.

Jenis APAR Powder yang Paling Umum Digunakan

Perbedaan APAR ABC Powder dan dry powder tersertifikasi Lab Damkar DKI Jakarta

Jenis APAR Powder ternyata cukup beragam. Mulai dari ABC Powder, BC Powder, Monnex Powder, hingga Class ‘D’ Powder. Berdasarkan empat jenis powder tersebut, ABC Powder menjadi alat pemadam api powder yang paling umum digunakan.

Mengapa? Tentu saja, alasannya karena ABC Powder memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh powder jenis lainnya. Lantas, apa saja keunggulannya? Ini dia keunggulan dari ABC Powder:

  • Harga lebih terjangkau dibandingkan dengan powder lainnya
  • Bersifat serbaguna karena dapat memadamkan lebih banyak kelas kebakaran (A, B, C)
  • Memiliki daya knock-down yang luar biasa

Itu dia perbedaan APAR ABC Powder dan Dry Powder. Ternyata, APAR ABC Powder memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis APAR Powder lainnya. Karena itu, APAR ABC Powder bisa jadi solusi yang tepat untuk memproteksi aset berharga yang kamu punya.

Sudahkah kamu memiliki APAR Powder untuk proteksi gedung dan aset-aset berharga? Jika belum, yuk segera dapatkan produk APAR Powder berkualitas di Fireshop sekarang juga! APAR Powder standar NFPA, sudah teruji dan tersertifikasi Lab Damkar DKI Jakarta. Jadi, tidak perlu diragukan kualitasnya.

 

Sumber: Safelincs

Leave a Comment

0