Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA

Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA. Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA. Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA, Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA

NFPA mempunyai beberapa dokumen: NFPA 101, NFPA 99, NFPA 1600, NFPA 3000 dan masih banyak lagi, yang berbicara tentang drill dan exercise (latihan). Mereka mengakui bahwa drill berbeda dari exercise (latihan).

Excersie (latihan) seperti yang didefinisikan dalam Standar NFPA 1600 tentang Standard on Continuity, Emergency, and Crisis Management adalah sebuah proses untuk menilai, melatih, berpraktik dan meningkatkan kinerja dalam suatu kesatuan.

Tidak ada kode atau standar NFPA saat ini yang mendefinisikan apa arti istilah “drill” tetapi istilah “fire drill”. Dan hal ini ada bagiannya sendiri dalam NFPA 101 Life Safety Code.

Dalam Bab 4 NFPA 101, dan penjelasnya dalam Lampiran A, jelas disebutkan bahwa maksud drill adalah untuk membiasakan peserta latihan dengan menggunakan rute jalan keluar yang berbeda dan berlatih drill pada waktu yang berbeda.

NFPA 101 menyarankan untuk menggunakan simulasi berbasis kondisi, dan lampiran penjelasan dari NFPA menjelaskan bahwa referensi ini berlaku untuk menggunakan alarm darurat pada jalan keluar untuk memberi sinyal dimulainya drill.

Lalu, sebaiknya, drill dilakukan pada waktu yang berbeda dalam hari yang sama atau hari yang berbeda dalam seminggu. Guna membiasakan penghuni gedung atau suatu area mencari jalan keluar sekunder, jika jalan keluar terdekat tidak dapat diakses.

Baik drill maupun exercise (latihan) adalah praktik yang efektif, dan harus dilakukan untuk menjaga keamanan masyarakat kita.

Drill vs Excercise, Ini Bedanya!

  • Life Safety Drill

Drill berfokus pada penghuni gedung dan dimaksudkan untuk mengajarkan keterampilan atau tindakan dengan cara mengikuti dan mempraktikkan serangkaian instruksi. Sebagai contoh, latihan kebakaran dirancang untuk mengajarkan penghuni sebuah gedung untuk keluar dari gedung dengan cepat dan aman.

Selama latihan kebakaran, kamu bisa memperoleh keterampilan tambahan dengan belajar mencari jalan keluar terdekat dari tempatmu, dengan cara mencari jalan keluar alternatif dan pindah ke area relokasi. Sebagian besar dari kita akrab dengan drill karena kita telah sering melakukannya.

Drill di sekolah telah terbukti berhasil. Yang hebat dari drills ini adalah kamu bisa mempelajari keterampilan ( mencari jalan keluar atau berlindung di tempat aman) yang dapat diterapkan dalam berbagai skenario.

Pengetahuan tentang mencari jalan keluar, sangat penting selama kebakaran tetapi juga dapat diterapkan selama insiden penembakan. Berlindung di tempat aman adalah kunci selama peristiwa yang tidak bersahabat terjadi, tetapi juga dapat berguna selama bencana alam, masalah kualitas udara yang buruk dan keadaan darurat lainnya.

Keterampilan yang diajarkan kepada penghuni gedung selama latihan biasanya dapat diterapkan ketika arahan diberikan atau ketika penghuni dihadapkan dengan keputusan saat terjadi bencana.

Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA Ini Penjelasannya

Latihan harus dilakukan sesuai dengan kode yang diadopsi secara lokal. Seperti NFPA 101 edisi 2021 yang diusulkan dari NFPA 101 membutuhkan latihan mencari jalan keluar darurat setiap bulan.

Jika diizinkan, latihan bulanan tersebut dapat diubah dari latihan mencari jalan keluar darurat ke bentuk lain dalam dua kali per tahun. Ini dilakukan untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas. Agar latihan akan situasi darurat tidak menghabiskan waktu terlalu banyak setiap bulan.

  • Life Safety Excercise

Sedangkan, exercise (latihan) berlaku untuk “keseluruhan”. Exercise (latihan) dirancang untuk mensimulasikan bahaya, kondisi, dan respons terhadap ancaman dinamis. Para peserta diberi kesempatan untuk menguji langkah-langkah kesiapsiagaan, pengambilan keputusan, dan keterampilan-keterampilan lain yang diperlukan.

Exercise (latihan) jauh lebih dinamis dan rumit daripada drill. Karena mensimulasikan bahaya dan memberikan latihan cara menanggapinya. Exercise (latihan) menciptakan peluang untuk menguji prosedur akses, penemuan jalan keluar darurat (exit door), memberikan bantuan, dan memindahkan orang yang terluka keluar dari gedung.

Misalnya, exercise (latihan) insiden penembakan dapat digunakan untuk menilai komunikasi antara pemimpin dan responden dalam suatu gedung. Ini sangat menentukan kemampuan responden untuk menavigasi bangunan. Juga mengukur bagaimana bantuan bisa diberikan dan memeriksa fungsi perintah secara terpadu juga menganalisis prosedur untuk memberikan pemberitahuan.

Seperti drill, exercise (latihan) dapat meningkatkan kesiapan secara menyeluruh dan memperkuat keterampilan dalam mengambil keputusan penting saat berada di bawah tekanan.

Exercise (latihan) membantu responden mengenal seluk-beluk bangunan. Mereka menyediakan sarana untuk mempraktikkan metode komunikasi dan memperoleh umpan balik tentang rencana, kebijakan dan prosedur apa yang berhasil – dan apa yang tidak berjalan dengan baik.

NFPA 3000 Standard for an Active Shooter/Hostile Event Response (ASHER) Program mensyaratkan bahwa fasilitas yang telah dianggap beresiko terjadi insiden penembakan harus melakukan latihan yang dirancang untuk dikoordinasikan dengan masyarakat. NFPA 3000 lebih lanjut menetapkan bahwa melatih penghuni bangunan berdasarkan tindakan yang mereka harapkan menjadi bagian dari rencana darurat.

Hal yang Harus Diperhatikan Antara Life Safety Excercise dan Life Safety Drill

Memahami perbedaan antara istilah drill dan exercise (latihan) dapat membantu “membingkai” ulang percakapan modern tentang keamanan/safety. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan:

Perbedaan Life Safety Excercise dan Life Safety Drill Menurut NFPA dan K3 Indonesia

  • Ada perbedaan antara drill dan excercise!
  • Jaga agar penghuni gedung mendapat informasi tentang upaya yang kamu lakukan mengenai safety!
  • Ikuti aturannya!
  • Bekerja sama dengan tim K3 atau life safety!

Dan ingat, kode dan standar NFPA dirancang untuk membuat kita lebih aman. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait dengan bangunan dan keselamatan jiwa, hubungi anggota atau staf NFPA.

Sumber: Do You Know the Difference Between Life Safety Drills and Exercises?

Leave a Comment

0