Cari Tahu Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Hari ke hari alat pemadam kebakaran semakin canggih dan makin bisa diandalkan performanya untuk mengatasi segala kelas kebakaran. Hal ini tentu tidak bisa terlepas dari sejarah alat pemadam kebakaran dan para tokoh dibaliknya, yang selalu berinovasi baik dari segi model dan juga mediannya.

Kami akan dibagikan informasi bagi Anda mengenai sejarah alat pemadam api. Pada artikel ini akan dibagikan juga lini masa perkembangan alat pemadam api dan juga beberapa tokoh yang juga turut ambil bagian untuk membuat alat pemadam kebakaran menjadi lebih baik.

 

Awal Mula Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran Fase Awal

Alat pemadam kebakaran bermula dari Alexandria pada tahun 200 sebelum masehi. Masyarakat di sana membuat alat pemadam api berupa pompa tangan untuk memadamkan api. Alat ini berfungsi untuk memudahkan orang-orang dalam memadamkan api tanpa harus kesulitan membawa ember.

sejarah alat pemadam kebakaran berawal dari london 1666

 

Lalu pada tahun 1666 saat kebakaran besar melanda London, alat pemadam kebakaran sudah mulai menggunakan sistem penyemprotan. Alat pemadam kebakaran ini memiliki pompa yang mirip dengan pompa sepeda untuk menyemprotkan air.

 

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran Modern

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran Modern

Ahli kimia dari Inggris bernama Ambrose Godfrey mematenkan alat pemadam kebakaran pada tahun 1723. Alat ini berbentuk tong yang berguna untuk menyimpan cairan pemadam kebakaran dengan ruang untuk kamar mesiu.

Baru pada tahun 1818 Kapten George Manby menemukan alat pemadam api ringan modern untuk pertama kalinya. Alat pemadam api ini menggunakan tabung yang bisa menampung media sebanyak 13,6 liter. Alat pemadam ringan ini berisi kalium karbonat.

sejarah alat pemadam kebakaran dengan karbon tetraklorida

Alat pemadam kebakaran mulai diproduksi secara masal pada tahun 1912 dengan menggunakan media karbon tetraklorida. Media ini dianggap bisa menanggulangi kelas kebakaran yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar maupun elektrikal.

Dahulu penggunaan alat pemadam berbahan karbon tertaklorida sangat luas. Namun setelah diketahui bahwa media ini beracun dan berbahaya jika digunakan di ruang yang sempit, akhirnya media ini sudah tidak dipakai lagi karena sudah memakan korban jiwa.

sejarah alat pemadam kebakaran apar dan apab

Namun, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Di jaman maju ini alat pemadam kebakaran sudah sangat aman baik dari segi media juga komponennya, variasinyapun banyak dan bisa menyesuaikan kebutuhan Anda, baik dari budget, berat dan juga kebutuhan Anda yang lain.

Rata-rata, alat pemadam kebakaran masa kini juga sudah bertekanan kuat dan menggunakan sistem penyemprotan yang aman. Maka, tak ayal jika kebakaran yang masih dalam fase awal bisa ditanggulangi hanya dengan APAR.

Leave a Comment

0