Servis Alat Pemadam Api Ringan, Inilah Tahapannya

Banyak yang menganggap bahwa melakukan servis alat pemadam api ringan adalah hal yang rumit. Padahal servis alat pemadam api ringan sangat penting dan harus dilakukan oleh pemilik APAR. Maka dari itu, ada baiknya untuk membaca detail servis APAR supaya mendapat informasi tambahan yang memudahkan Anda untuk servis APAR.

Servis APAR dilakukan tentu saja untuk membuat APAR selalu dalam kondisi prima. Servis juga dilakukan untuk membantu Anda mengetahui kodisi APAR. Jadi, ketika ada kerusakan atau error bisa segera ditangani. Servis juga dapat membantu maintenance APAR, supaya umur alat ini bisa panjang.

 

Servis Alat Pemadam Api, Begini Cara Memulainya!

  • Servis alat pemadam api diawali dengan mengecek tekanan pada alat pemadam api. Untuk pengecekan pada tabung dengan sistem stored pressure bisa melihat jarum yang ada di pressure gauge. Jika jarum berada di zona hijau (15-20 bar) berarti tekanan pada tabung masih aman dan sesuai standar.
  • Lalu, untuk pengecekan tabung dengan sistem cartridge bisa dilakukan dengan melihat segel yang ada pada leher tabung. Jika segel pada tabung masih seperti semula (saat dibeli/sehabis isi ulang) berarti tekanannya masih tersimpan aman di dalam tabung.

Servis Alat Pemadam Api dan Cara Membersihkan Tabung APAR

  • Setelah pengecekan tekanan dilakukan, lalu langkah berikutnya adalah membersihkan bagian luar tabung. Gunakan kain basah untuk membersihkan bagian luar tabung dari kotoran seperti debu. Setelah dibersihkan dengan kain basah, keringkan tabung dengan kain kering dan setelah itu oles badan tabung dengan solar.
  • Membersihkan bagian luar tabung sangat penting. Hal ini dapat menghindarkan tabung dari bahaya karat. Karena jika tabung terkena karat, maka dikhawatirkan badan tabung akan mengalami korosif dan menimbulkan lubang pada badan tabung APAR.

 

Proses Akhir Servis Alat Pemadam Api Ringan

  • Setelah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan media dengan cara membolak-balikan tabung APAR sebanyak 3-5 kali. Dengan membolak-balikan media pada tabung APAR, maka media tersebut bisa diminimalisir kemungkinannya untuk mengendap.
  • Setelah itu cek komponen-komponen pada APAR seperti valve, selang dan nozzle. Perhatikan komponen tersebut, jika ada sumbatan, berlubang atau rusak, segera lakukan pengantian. Setelah itu kembalikan APAR ke tempat semula. Jika APAR dipasang di dinding dengan menggunakan bracket, pastikan bracket masih terpasang kuat dan kokoh.

Servis Alat Pemadam Api Ringan Proses Akhirnya

Di luar tahapan tersebut, jika APAR terkena paparan panas ekstrim atau terkena goncangan mekanik, maka APAR harus segera dijadwalkan untuk servis. Hal ini untuk menghindari ada komponen atau kerusakan pada APAR karena terkena cuaca ekstrim atau goncangan. Nah, itu semua informasi tentang servis APAR, semoga berguna bagi para pengguna APAR sekalian.

Leave a Comment

0