Cek SOP APAR di Rumah Sakit Sebagai Pencegahan Kebakaran

Kebakaran bisa terjadi di mana saja, apalagi di ruang publik seperti rumah sakit. Di rumah sakit banyak area yang rentan terjadi kebakaran. Ini dikarenakan banyaknya alat medis yang menggunakan alat listrik dan ada dapur yang cukup besar untuk memasak menu bagi para pasien. Maka dari itu, ada SOP APAR di rumah sakit untuk melindungi area rumah sakit dari kebakaran.

 

Menggunakan APAR Sesuai SOP APAR di Rumah Sakit

Saat kebakaran terjadi di rumah sakit, hal pertama yang harus dilakukan adalah evakuasi pasien. Bawa pasien ke tempat aman dan tidak berpotensi terkena api kebakaran. Setelah itu baru coba untuk menyelamatkan sarana prasarana dan segera menghubungi dinas terkait juga berkoordinasi dengan semua elemen di rumah sakit. Jika masih memungkinkan segera matikan arus listrik di area kebakaran.

SOP APAR di Rumah Sakit Jalur Evakuasi

Apabila api masih kecil dan belum meluas, Anda bisa mencoba memadamkannya menggunakan APAR. Dalam menggunakan APAR Anda tidak boleh sembarangan, ada tekniknya tersendiri. Karena jika salah dalam menggunakan APAR akan mengakibatkan error dan pemadaman api tidak maksimal.

SOP APAR di Rumah Sakit untuk Menggunakan APAR

Dalam menggunakan APAR, teknik yang harus digunakan adalah teknik PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep):

  1. Pull: tarik safety pin pada APAR
  2. Aim: arahkan ujung selang atau nozzle ke titik api
  3. Squeze: tekan tuas APAR
  4. Sweep: sapukan media pemadam api dari kiri ke kanan di atas titik api

Dengan teknik ini diharapkan api dapat dipadamkan dengan cepat dan maksimal.

 

Menyediakan APAR Sesuai SOP APAR di Rumah Sakit

Menilik sangat dibutuhkannya APAR di rumah sakit, maka kertersediaan APAR sangatlah penting. APAR harus dipersiapkan di tiap ruangan rumah sakit sesuai dengan potensi kelas kebakaran yang mungkin terjadi di ruangan tersebut.

Misalnya untuk dapur rumah sakit, di ruangan tersebut berpotensi muncul kebakaran kelas K. Maka harus disiapkan pemadam api kimia khusus. Sedangkan untuk ruangan pasien yang berpotensi terjadi kebakaran kelas ABC, maka harus disediakan APAR powder. Lalu, untuk ruangan dengan potensi kebakaran dari kelas C seperti ruang diesel atau ruang penyimpanan data dengan banyak alat elektronik, harus disiapkan APAR CO2.

SOP APAR di Rumah Sakit untuk Menyediakan APAR

Dengan banyaknya jiwa dan aset yang harus diproteksi di rumah sakit, maka SOP APAR di rumah sakit harus dipelajari dengan baik. Pelatihan penggunaan APAR dan penyediaan APAR harus dipersiapkan dengan baik. Supaya mitigasi bencana kebakaran di rumah sakit bisa dimaksimalkan. Dan jangan lupa untuk tetap merawat dan melakukan inspeksi APAR dengan bantuan FIRECEK.

Leave a Comment

0